Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Nasib Juara Bertahan Piala Afrika di Ujung Tanduk

19 Januari 2022   05:43 Diperbarui: 19 Januari 2022   09:10 252 27 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Tim Aljazair ketika juara Piala Afrika 2019 (Sumber : wartakota.tribunnews.ccom)

Kekuatan tim-tim peserta Piala Afrika 2021 alias AFCON 2021 (Africa Cup of Nations) bisa dikatakan relatif seimbang. Salah satu indikasinya adalah mayoritas laga berakhir dengan kemenangan tipis. Tidak banyak pertandingan yang berakhir dengan kemenangan mencolok.

Beberapa tim sudah menyegel tiket alias sudah memastikan diri lolos ke fase knockout 16 besar. Misalnya Kamerun dan Burkina Faso dari Grup A. Kemudian Senegal dan Guinea dari Grup B, Maroko dan Gabon dari Grup C, dan Nigeria dari Grup D.

Beberapa tim unggulan nampaknya akan pula segera menyusul lolos ke fase knockout 16 besar. Sebut saja Mesir dari Grup D dan Pantai Gading dari Grup E.

Namun tidak bagi juara bertahan Piala Afrika 2019 lalu, yakni Aljazair. Posisi Aljazair yang tergabung di Grup E bersama Pantai Gading, Guinea Khatulistiwa, dan Sierra Leone saat ini cukup kritis. Aljazair berada di dasar klasemen alias juru kunci Grup E di bawah Sierra Lone, Guinea Khatulistiwa, dan Pantai Gading.

Sampai saat ini setelah melakoni dua pertandingan fase Grup E, Aljazair baru mengemas satu poin. Di pertandingan pertama fase Grup E melawan Sierra Leone, Aljazair bermain imbang dengan skor kaca mata. Kemudian di pertandingan kedua fase Grup E melawan Guinea Khatulistiwa, Aljazair kalah tipis  0-1.

Dengan hanya mengoleksi satu poin, Aljazair terancam gagal lolos ke fase knockout 16 besar. Posisi Aljazair di ujung tanduk.

Di pertandingan ke-3 atau di pertandingan terakhir fase Grup E, Aljazair akan menghadapi pemuncak klasemen Grup E, yakni Pantai Gading. Tentu saja hal itu bukan pertandingan yang mudah bagi Aljazair.

Seandainya mampu mengalahkan Pantai Gading, maka poin Aljazair bertambah tiga poin sehingga menjadi 4 poin. Hal itu berarti menjadi sama dengan jumlah poin Pantai Gading. Dengan koleksi 4 poin, kemungkinan Aljazair dan Pantai Gading lolos ke fase knockout 16 besar.

Namun jika Aljazair bermain imbang apalagi sampai kalah, maka sudah pasti Aljazair akan gagal lolos ke fase knockout 16 besar. Sebab koleksi poin maksimal Aljazair hanya dua poin.   

Di gelaran Piala Afrika 2019 alias AFCON 2019,  Aljazair tampil cukup perkasa. Saat itu Aljazair tergabung di C bersama Senegal, Kenya, dan Tanzania. Di fase grup, Aljazair mampu mengalahkan semua tim yang ada di Grup C.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan