Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Burkina Faso Dampingi Kamerun ke Babak 16 Besar AFCON 2021

18 Januari 2022   08:34 Diperbarui: 18 Januari 2022   08:49 248 20 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Penyerang Kamerun, Vincent Aboubakar merayakan selebrasi bersama para pemain Kamerun lainnya (Sumber : medan.tribunnews.com) 

Salah satu grup di Piala Afrika 2021 alias AFCON 2021 (Africa Cup of Nations), yakni Grup A telah menyelesaikan semua pertandingannya. Di pertandingan terakhir, tuan rumah Kamerun ditahan imbang 1-1 oleh Tanjung Verde.

Gol tuan rumah kembali dicetak oleh penyerang mereka, Vincent Aboubakar di menit ke-39. Sedangkan gol balasan Tanjung Verde dicetak oleh Garry Rodrigues di menit ke-53.

Bagi Vincent Aboubakar, tambahan satu golnya ke gawang Tanjung Verde semakin mengokohkan dirinya di puncak top skor sementara dengan torehan 5 gol. Aboubakar jauh meninggalkan perolehan gol para pemain tim lainnya.   

Dengan hasil imbang tersebut Kamerun menempati posisi juara Grup A dengan perolehan 7 poin. Poin tersebut diperoleh Kamerun dari dua kali menang dan satu kali imbang.  

Tanjung Verde sendiri, dengan hasil imbang dengan Kamerun tersebut mendapat tambahan satu poin. Perolehan poin Tanjung Verde menjadi 4 poin, hasil dari satu kali menang, satu kali imbang, dan satu kali kalah.  

Sementara di pertandingan lain Grup A, Burkina Faso juga ditahan imbang oleh Ethiopia dengan skor sama 1-1. Gol Burkina Faso dipersembahkan oleh Cyrille Bayala di menit ke-24. Sedangkan gol balasan Ethiopia dicetak oleh Getaneh Katebe di menit ke-52 melalui titik putih penalti.

Dengan hasil imbang tersebut Burkina Faso mendapat tambahan satu poin. Perolehan poin Burkina Faso sama dengan Tanjung Verde menjadi 4 poin, hasil dari satu kali menang, satu kali imbang, dan satu kali kalah. Hanya saja Burkina Faso lebih unggul dari Tanjung Verde dari segi produktivitas gol.

Burkina Faso mencetak tiga gol dan kemasukan tiga gol. Sementara Tanjung Verde mencetak dua gol dan kemasukan dua gol. Dengan demikian Burkina Faso dinilai lebih unggul dari Tanjung Verde. Hal itu menempatkan Burkina Faso di urutan kedua Grup A dan berhak mendampingi Kamerun ke fase knockout atau babak 16 besar AFCON 2021.

Ada pun Tanjung Verde menempati urutan ketiga Grup A. Tanjung Verde belum pasti tersingkir atau masuk ke babak 16 besar AFCON 2021. Tanjung Verde harus menunggu terlebih dahulu hasil dari grup lainnya.

Tanjung Verde bisa masuk babak 16 besar AFCON 2021 jika perolehan poin atau gol dua tim urutan ke-3 dari grup lain tidak lebih baik dari Tanjung Verde. Artinya Tanjung Verde termasuk empat tim terbaik urutan ke-3 dari semua grup.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan