Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Dominasi Pelatih Asing di EPL

3 Desember 2021   05:00 Diperbarui: 3 Desember 2021   09:30 491 39 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Steven Gerrard, mantan pemain andalan tim nasional Inggris resmi jadi pelatih Aston Villa (11/11/2021) (sumber : tribunnews.com) 

Steven Gerrard, mantan kapten Liverpool resmi masuk ke EPL (English Premier League)/Liga Utama Inggris setelah resmi diikat oleh Aston Villa (11/11/2021) sebagai pelatih baru dengan durasi 3,5 tahun. Gerrard sebelumnya menangani salah satu raksasa Skotlandia, Glasgow Rangers.

Masuknya Gerrard ke EPL menambah kuantitas pelatih berkebangsaan atau asal Inggris yang melatih tim-tim yang ada di EPL. Sebelum Gerrard masuk melatih Aston Villa, jumlah pelatih asal Inggris di EPL berjumlah hanya 4 (empat) orang.

Mereka adalah Eddie Howe (pelatih Newcastle United), Dean Smith (pelatih Norwich City), Sean Dyche (pelatih Burnley), dan Graham Potter (pelatih Brighton Hove Albion). Dibandingkan dengan Steven Gerrard, nama-nama mereka pun mungkin kurang familiar di telinga sebagian fans sepak bola.     

Dengan masuknya Gerrard ke EPL melatih Aston Villa, maka jumlah pelatih asal Inggris di EPL jadi berjumlah 5 (lima) orang. Jumlah sebanyak itu jika dipersentasekan dengan jumlah tim yang ada di EPL, tentu sangat sedikit.

Jumlah tim di EPL ada 20 tim. Berarti jumlah pelatih asal Inggris di EPL hanya 5/20 nya alias seperempatnya saja. Selebihnya, sebanyak 15/20 atau tiga perempat tim di EPL dilatih oleh para pelatih non-Inggris.

Hal itu berbanding terbalik dengan dinamika pelatih di Serie A Italia misalnya. Di Serie, pelatih non-Italia justru hanya lima orang alias 5/20 seperempatnya saja dari jumlah pelatih yang ada.

Mereka adalah Jose Mourinho/PORTUGAL (pelatih AS Roma), Sinisa Mihajlovic/SERBIA (pelatih Bologna), Andriy Shevchenko/UKRAINA (pelatih Genoa), Igor Tudor/KROASIA (pelatih Verona), dan Ivan Juric/KROASIA (pelatih Torino). Di luar mereka adalah para pelatih berkebangsaan atau asal Italia sendiri.

Kembali kepada pelatih yang ada di EPL. Dominasi pelatih asing di sana sungguh luar biasa. Mereka tidak hanya sekedar melatih tim EPL, tapi juga melatih tim-tim besar atau tim papan atas yang ada di sana.

Para pelatih asal Ingrris yang berjumlah 5 orang hanya kebagian melatih tim-tim medioker. Mungkin Steven Gerrard yang agak mendingan kebagian melatih tim papan tengah, Aston Villa.  

Lima tim yang menghuni papan atas saat ini adalah Chelsea, Manchester City, Liverpool, West Ham United, dan Arsenal. Siapa yang melatih ke-5 tim itu? Chelsea dilatih oleh Thomas Tuchel asal Jerman. Manchester City dilatih oleh Pep Guardiola asal Spanyol.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan