Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Italia Vs Portugal di Final Play-off Piala Dunia Zona UEFA?

27 November 2021   08:02 Diperbarui: 27 November 2021   17:34 405 40 6
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Logo tim nasional Italia dan Portugal (Sumber : kaltim.tribunnews.com)

Kekhawatiran banyak orang mengenai absennya salah satu tim elit Eropa, Italia atau Portugal di Piala Dunia 2022 ternyata menjadi kenyataan. Pasalnya Italia dan Portugal berada di jalur (path) yang sama dalam play-off Piala Dunia 2022 Zona UEFA.

Berdasarkan hasil undian (drawing) play-off Piala Dunia 2022 Zona UEFA yang dilangsungkan di Zurich, Swiss, Jum'at malam WIB (26/11), Italia dan Portugal berada di jalur C bersama dua tim lain, yakni Makedonia Utara dan Turki.

Sebagaimana diketahui bahwa tim Zona UEFA yang masuk babak play-off ada 12 tim. Selain Italia, Portugal, Makedonia Utara, dan Turki, ada 8 tim lainnya, yakni Skotlandia, Rusia, Swedia, Wales, Polandia, Ukraina, Austria, dan Republik Ceko.

Ke-12 tim peserta play-off itu dibagi kepada tiga jalur, yakni jalur A, B, dan C. Sebelumnya, ke-12 tim itu dibagi ke dalam 2 (dua) pot, yakni pot 1 dan pot 2. Masing-masing pot berisi 6 (enam) tim.

Pot 1 berisi tim unggulan (seeded) dan pot 2 berisi tim non-unggulan (unseeded). Tim yang masuk pot 1 adalah Portugal, Skotlandia, Italia, Rusia, Swedia, dan Wales. Sedangkan tim yang masuk pot 2 adalah Turki, Polandia, Makedonia Utara, Ukraina, Austria, dan Republik Ceko.

Tim yang masuk di pot 1 dan pot 2 tersebut dibagi rata kepada tiga jalur tadi, yakni jalur A, B, dan C. Berarti tiap jalur masing-masing ada dua tim unggulan dan dua tim non unggulan.

Penentuan tim yang masuk jalur A, B, dan C sepenuhnya dengan mekanisme undian. Tidak ada ketentuan atau pengecualian tim unggulan X dengan tim unggulan Y tidak boleh satu jalur misalnya.  

Oleh karena itu bisa dipahami jika Italia dan Portugal berada di jalur yang sama. Sebab tidak ada ketentuan atau pengecualian kedua tim itu tidak boleh berada di jalur yang sama.

Bagi Italia dan Portugal atau sebagian publik sepak bola, hasil undian yang dilakukan FIFA mungkin dianggap kurang adil. Sebab menutup peluang salah satu dari kedua tim itu bisa berlaga di Piala Dunia 2022. Namun itulah undian, hasilnya bersifat random.

Sebagai sesama tim unggulan, Italia dan Portugal diprediksi akan bertemu di final jalur C untuk memperebutkan satu tiket ke Piala Dunia 2022. Namun hal itu bisa terjadi, bisa juga tidak. Sebab bisa saja satu dari dua tim itu atau bahkan kedua-duanya terpeleset di semi final jalur C.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan