Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

Hantu Ikut Naik Motor

29 Oktober 2021   10:47 Diperbarui: 29 Oktober 2021   10:50 216 24 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi naik motor malam hari (sumber : kompas.com)

Percaya atau tidak, dunia mistis itu memang ada. Dunia mistis yang bersifat metafisika adalah realitas lain selain dunia nyata yang bersifat fisik, yang ada dalam kehidupan ini.

Masalahnya, untuk membuktikan adanya dunia mistis yang bersifat metafisika itu tidak bisa dilakukan seperti membuktikan hal-hal nyata yang ada di dunia fisika. Kita bisa  dengan mudah membuktikan adanya meja atau kursi misalnya, karena bisa dilihat dan diraba.

Tapi tidak untuk hal-hal yang bersifat mistis. Hal-hal yang bersifat mistis tidak bisa dibuktikan dengan panca indera. Hal-hal yang bersifat mistis hanya bisa dirasakan dengan perasaan.

Namun terkadang makhluk-makhluk dari alam yang tak kasat mata menunjukkan eksistensinya kepada makhluk yang ada di dunia nyata. Mereka menjelma menjadi sesuatu yang bisa dilihat oleh makhluk alam nyata, termasuk oleh manusia. Itulah yang disebut dengan istilah "penampakkan".

Oleh karena itu tidak mengherankan jika suatu waktu dalam kondisi tertentu ada seseorang mengaku telah melihat sesosok makhluk gaib berbaju putih misalnya. Mungkin ada juga orang yang mengaku pernah bertemu dengan sosok aneh nan misterius. Mungkin saja.

Namun dalam kepercayaan Islam, sosok makhluk gaib yang suka menampakkan diri itu bukanlah arwah orang yang sudah meninggal. Sebab arwah orang yang sudah meninggal tidak memiliki kemampuan dan kesempatan untuk menunjukkan diri, apalagi menakut-nakuti orang lain.

Dalam kepercayaan Islam, sosok makhluk gaib yang suka menampakkan diri itu bisa jadi jin, mungkin juga setan atau iblis. Tujuan mereka apalagi kalau bukan agar manusia celaka.

Pengalaman mistis bisa melihat sosok makhluk gaib mungkin tidak dialami oleh setiap orang. Hanya mereka yang kebetulan saja yang bisa mengalaminya. Dalam istilah Sunda, mereka yang kebetulan melihat sosok makhluk gaib disebut sebagai "kawenehan".

Seumur hidup sampai hari ini, saya belum pernah sekali pun "kawenehan" melihat sosok makhluk gaib. Baik siang hari maupun malam hari. Hal itu bukan berarti saya mengharapkannya, lho...

Akan tetapi suatu waktu saya pernah merasakan kehadiran atau adanya sosok makhluk gaib. Mungkin itu satu-satunya kisah mistis yang saya alami seumur hidup saya.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan