Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Cabang Sepak Bola Olimpiade Tokyo Tanpa Italia

15 Juli 2021   15:53 Diperbarui: 15 Juli 2021   16:29 339 28 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Cabang Sepak Bola Olimpiade Tokyo Tanpa Italia
Tim sepak bola Brasil, peraih medali emas Olimpiade Rio 2016 (sumber : kompas.com)

Salah satu cabang olahraga yang cukup menarik para penonton di setiap penyelenggraan olimpiade adalah cabang sepak bola. Maklum sepak bola termasuk cabang olahraga yang paling populer di planet ini.

Seandainya cabang sepakbola tidak ada dalam olimpiade, even olahraga se dunia itu pasti kurang greget dan hambar. Persis seperti sayur kurang garam.

Dalam setiap penyelenggraan olimpiade, cabang sepakbola selalu mendapat perhatian khusus dari jutaan penonton di seluruh dunia. Banyak talenta-talenta muda sepak bola dari banyak negara menunjukkan kehebatannya. Tak sedikit banyak pemain hebat lahir dari ajang olimpiade.

Tim sepak bola yang bertanding di ajang olimpiade memang bukan tim nasional senior. Mereka adalah para pemain junior yang berusia paling tinggi 23 tahun (plus tiga orang pemain senior berusia lebih dari 23 tahun).

Namun walau pun masih berusia muda, bukan berarti kualitas individu dan kualitas permainan mereka tidak mumpuni. Tidak sedikit dari mereka bahkan juga merupakan anggota tim nasional senior negaranya.

Seperti di ajang olimpiade Tokyo 2020 yang akan dilangsungkan mulai 23 Juli sampai 8 Agustus 2021. Ada banyak pemain sepak bola olimpiade yang masih berusia muda tapi juga sudah menjadi andalan tim senior negaranya.

Sebut saja Pedri (18 tahun) atau Dani Olmo (23 tahun) misalnya, yang bersinar di Euro 2020. Selain merupakan skuad tim nasional sepakbola olimpiade Spanyol, mereka juga merupakan andalan tim nasional senior Spanyol.

Di Olimpiade Tokyo 2020, cabang sepak bola akan diikuti oleh 16 tim, yang merupakan wakil dari masing-masing konfederasi sepak bola atau zona. Zona Eropa (UEFA) misalnya, diwakili oleh 4 negara, yaitu Prancis, Jerman, Rumania, dan Spanyol.

Zona Asia juga diwakili 4 tim. Mereka adalah Korea  Selatan, Arab Saudi, Australia, dan Jepang (tuan rumah).

Kemudian dari Zona Conmebol (Amerika Selatan) diwakili oleh Brasil dan Argentina. Sementara dari Zona Concacaf (gabungan Amerika Tengah dan  Utara) diwakili oleh Meksiko dan Honduras.

Empat tim tersisa merupakan  wakil dari Zona Afrika dan Oseania. Afrika diwakili oleh tiga tim, yaitu Mesir, Pantai Gading, dan Afrika Selatan. Zona Oseania diwakili oleh Selandia Baru.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN