Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

PPKM Darurat akan Diperpanjang?

14 Juli 2021   15:37 Diperbarui: 14 Juli 2021   18:33 287 25 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
PPKM Darurat akan Diperpanjang?
Dok. Pribadi

Di bulan Juni 2021, kasus baru positif covid-19 melonjak tajam di sejumlah daerah. Kasus harian positif covid-19 di atas 20.000 per hari. Penambahan kasus baru positif covid-19 terutama terjadi di Sumatera dan Jawa.

Jumlah daerah zona merah pun ikut melonjak. Jumlah daerah zona merah per 27 Juni 2021 mencapai 60 wilayah. Padahal seminggu sebelumnya (20/06) hanya ada 29 daerah zona merah.

Merespon lonjakan kasus baru positif covid-19 tersebut, pemerintah pun kemudian menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat. PPKM Darurat dicanangkan dari tanggal 3-20 Juli 2021.

Penerapan PPKM Darurat diharapkan dapat menurunkan jumlah penularan covid-19 (terutama) di Jawa dan Bali. Selain itu juga untuk menekan angka penularan covid-19 di lingkungan keluarga.

Awalnya PPKM Darurat diberlakukan di Wilayah Jawa dan Bali. Kemudian PPKM diperluas ke 15 daerah di sejumlah provinsi. Seperti kota Tanjung Pinang dan Batam (Kepulauan Riau), Kota Bontang, Kabupaten Balikpapan, Kabupaten Berau (Kalimantan Timur), Kota Padang (Sumatera Barat), dan sebagainya.

PPKM Darurat belum juga usai. Kini muncul kabar bahwa PPKM Darurat akan diperpanjang.

Kabar akan adanya perpanjangan PPKM bermula dari pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani. Sri Mmulyani menyatakan hal itu dalam rapat  kerja bersama Banggar (Badan Anggaran) DPR RI, senin (12/07).

Sri Mulyani menyatakan bahwa PPKM Darurat selama 4-6 minggu dijalankan untuk menahan penyebaran kasus. Perpanjangan PPKM Darurat akan dilakukan bila risiko pandemi covid-19 masih tinggi.

Pernyataan Sri Mulyani diamini oleh pernyataan Juru Bicara Satgas (Satuan Tugas) Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. Sebagaimana dikutip dari kompas.com (13/07). Wiku menyatakan bahwa jika kondisi penularan Covid-19 belum terkendali, perpanjangan PPKM Darurat bukanlah hal yang tak mungkin dilakukan.

Wacana perpanjangan PPKM Darurat ternyata mendapat dukungan dari beberapa orang Epidemiolog. Seperti Dicky Budiman (dari Griffith University, Australia) dan Iqbal Ridzi Fahdri Elyazar (peneliti senior Eijkman Oxford Clinical Research Unit).

Menurut Dicky, PPKM Darurat jelas harus diperpanjang. Setidaknya PPKM Darurat perlu diterapkan hingga enam minggu ke depan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN