Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Italia Juara, Donnarumma Luar Biasa

12 Juli 2021   10:05 Diperbarui: 12 Juli 2021   10:48 261 39 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Italia Juara, Donnarumma Luar Biasa
Selebrasi tim Italia setelah memastikan diri menjadi juara Euro 2020 (sumber : tribunnews.com)

Penantian Italia selama lebih dari 50 tahun untuk kembali mengangkat trofi Henri Delaunay berakhir sudah. Italia berhasil mengangkat kembali trofi Henri Delaunay untuk kedua kalinya setelah berhasil mengalahkan Inggris di final Euro 2020.

Pertandingan final Euro 2020 antara Italia versus Inggris senin dini hari (12/07) berjalan sangat menarik dan alot. Kualitas pemain dan permainan kedua tim yang relatif seimbang, menyebabkan pertandingan tidak bisa diselesaikan dalam waktu normal. Pertandingan final pun harus diselesaikan dengan drama adu penalti.

Dalam babak normal 2 x 45 menit, Italia sesungguhnya tertinggal lebih dahulu melalui gol cepat Inggris yang dicetak oleh Luke Shaw pada menit ke-2. Beruntung pada menit ke-67 Italia mampu menyamakan kedudukan menjadi 1-1 melalui gol yang dicetak pemain veteran mereka, Leonardo Bonucci.

Kedudukan 1-1 tetap bertahan sampai peluit akhir pertandingan dibunyikan. Bahkan setelah babak extra time 2 x 15 menit pun kedudukan tidak berubah tetap 1-1.

Penentuan pemenang, dengan demikian harus ditentukan melalui babak adu penalti.  Dalam babak adu penalti ini Italia berhasil menang 3-2 atas Inggris.

Tiga dari lima orang penendang penalti Italia, yaitu Domenico Berardi (penendang pertama), Leonardo Bonucci (penendang ke-3), dan Federico Bernardeschi (penendang ke-4) berhasil membobol gawang Jordan Pickford.

Sementara dua orang penendang penalti Italia lainnya, yaitu Andrea Belotti (penendang ke-2) dan Jorge Luis Frello (penendang ke-5) gagal menunaikan tugasnya. Arah tendangan kedua pemain Italia itu mampu dibaca oleh Jordan Pickford.

Di lain pihak, hanya dua dari lima orang penendang penalti Inggris yang berhasil menunaikan tugasnya dengan baik. Kedua pemain itu adalah Harry Kane (penendang pertama) dan Harry Maguire (penendang ke-2).

Satu orang penendang penalti Inggris lainnya, yaitu Marcus Rashford (penendang ke-3) tendangannya membentur mistar gawang Italia. Sedangkan tendangan dua orang penendang penalti Inggris tersisa, yakni Jadon Sancho (penendang ke-4) dan Bukayo Saka (penendang ke-5) berhasil digagalkan oleh Gianluigi Donnarumma

Donnarumma memang luar biasa. Kendati masih berusia belia, Donnarumma memiliki kecerdasan dalam membaca arah bola.

Selain itu Donnarumma juga memiliki ketenangan dan gerakan refleks yang baik. Oleh karena itu Donnarumma mampu menggagalkan tendangan penalti Jadon Sancho dan Bukayo Saka.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN