Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Hanya Koleksi 2 Gol, Inggris Juara Grup D

23 Juni 2021   07:28 Diperbarui: 23 Juni 2021   08:14 123 24 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hanya Koleksi 2 Gol, Inggris Juara Grup D
Harry Kane, penyerang timnas Inggris tampil melempem di tiga pertandingan Euro 2020 (sumber : kompas.com)

Semua pertandingan kualifikasi terakhir grup D berakhir dini hari tadi (23/06). Di pertandingan terakhir itu Republik Ceko menghadapi Inggris dan Kroasia menghadapi Skotlandia.

Dalam pertandingan Republik Ceko vs Inggris, The Three Lions menang tipis 1-0 atas Republik Ceko. Gol semata wayang Inggris dicetak oleh pemain The Citizen Manchester City, Raheem Sterling pada menit ke-12.

Sementara di pertandingan lain, Kroasia yang baru mengoleksi 1 poin mengamuk. Kroasia menghajar Skotlandia dengan skor 3-1. Ketiga gol Kroasia masing-masing dicetak oleh Nikola Vlasic (17), Luka Modric (62), dan Ivan Perisic (77). Sedangkan gol tunggal Skotlandia dicetak oleh Callum McGregor pada  menit ke-42.

Kemenangan Inggris atas Republik Ceko dan kemenangan Kroasia atas Skotlandia menjadikan Inggris dan Kroasia juara dan runner up grup D. Inggris mengoleksi 7 poin dan Kroasia mengoleksi 4 poin. Inggris dan Kroasia lolos ke babak 16 besar Euro 2020.

Republik Ceko, kendati kalah dari Inggris dan menempati  urutan ke-3 grup  D, ikut lolos ke babak 16 besar Euro 2020 bersama Inggris dan Kroasia. Hal itu karena Republik Ceko dipastikan menjadi satu dari empat tim urutan ke-3 grup terbaik.

Republik Ceko sesungguhnya mengoleksi poin sama dengan Kroasia, tapi kalah selisih gol dari Kroasia. Namun jika dibandingkan urutan ke-3 grup B (Finlandia) dan urutan ke-3 grup C (Ukraina), Republik Ceko masih lebih baik.

Finlandia dan Ukraina hanya mengoleksi 3 poin. Sedangkan Republik Ceko mengoleksi 4 poin.

Ada yang cukup unik dari grup D ini. Inggris yang hanya mengoleksi 2 gol saja tapi mampu menjadi juara grup D.  Hal ini berbeda jauh dengan juara grup A, grup B, dan grup C.

Juara grup A, Italia cukup produktif. Italia mampu melesakkan 7 gol ke gawang lawan-lawannya selama tiga kali bertanding dalam kualifikasi grup A.

Kemudian juara grup B, Belgia. Sama halnya dengan Italia, Belgia juga mampu melesakkan 7 gol ke gawang lawan-lawannya selama tiga kali bertanding dalam kualifikasi grup B. 

Juara grup C, Belanda lebih hebat lagi. Belanda mampu melesakkan lebih banyak gol, yakni 8 gol ke gawang lawan-lawannya selama tiga kali bertanding dalam kualifikasi grup C.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x