Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Belgia dan Belanda Susul Italia ke Babak 16 Besar Euro 2020

18 Juni 2021   07:27 Diperbarui: 18 Juni 2021   07:33 141 20 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belgia dan Belanda Susul Italia ke Babak 16 Besar Euro 2020
Tim Belgia dan Belanda lolos ke babak 16 besar Euro 2020 (Sumber: kaltim.tribunnews.com)

Belgia dan Belanda memastikan diri lolos ke fase knock out babak 16 besar Euro 2020. Kepastian itu didapatkan setelah keduanya berhasil mengalahkan lawan masing-masing di pertandingan kedua kualifikasi grup.

Di grup B Belgia berhasil mengalahkan Denmark dengan skor tipis 2-1. Dalam pertandingan itu Denmark sesungguhnya unggul lebih dulu atas Belgia melalui gol cepat Yussuf Poulsen pada menit ke-2. Keunggulan Denmark bertahan sampai babak pertama berakhir.

Namun di babak kedua Belgia berhasil membalikkan keadaan. Pemain tengah Belgia Thorgan Hazard berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 pada menit ke-54. Selang 16 menit kemudian Kevin de Bruyne yang masuk di babak kedua menggantikan Dries Mertens menambah gol Belgia sekaligus mengubah kedudukan menjadi 2-1.

Sementara itu Belanda di grup C berhasil mengalahkan Austria dengan skor 2-0. Gol  pertama Belanda dicetak oleh Memphis Depay pada menit ke-11 melalui titik penalti. Sedangkan gol kedua dicetak oleh Denzel Dumfries pada menit ke-67.

Belgia dan Belanda, dengan demikian menjadi tim ke-2 dan tim ke-3 setelah Italia yang memastikan diri lolos ke babak 16 besar. Baik Italia, Belgia, maupun Belanda, ketiganya sama-sama mendulang 6 poin dan memuncaki grup masing-masing.

Di babak 16 besar, Italia akan menghadapi runner up grup C. Mungkin Ukraina, mungkin Austria, bisa juga Belanda. Hal itu dengan catatan posisi Italia sebagai juara grup A.

Akan tetapi jika Italia "memilih" jadi runner up grup A, maka Italia akan menghadapi runner up grup B. Mungkin Belgia, mungkin Rusia, bisa juga Finlandia.

Kemudian Belgia. Seandainya tetap bertahan sebagai juara grup B sampai akhir babak kualifikasi grup, di babak 16 besar Belgia akan menghadapi urutan ke-3 dari grup A, grup D, grup E, atau grup F.

Namun jika "memilih" jadi runner up grup B, di babak 16 besar Belgia akan menghadapi runner up grup A. Kemungkinan besar Wales, tapi bisa juga Italia.

Sementara itu Belanda. Seandainya tetap bertahan sebagai juara grup C sampai akhir babak kualifikasi grup, di babak 16 besar Belanda akan menghadapi urutan ke-3 dari grup D, grup E, atau grup F.

Hanya saja jika "memilih" jadi runner up grup C, di babak 16 besar Belanda akan menghadapi juara grup A. Kemungkinan besar Italia, tapi bisa juga Wales. Hal itu terjadi jika di pertandingan akhir kualifikasi grup A, Italia "mengalah" dari Wales.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN