Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer - Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Performa Italia di Laga Perdana Gelaran Piala Eropa

12 Juni 2021   08:01 Diperbarui: 12 Juni 2021   12:06 224 27 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Performa Italia di Laga Perdana Gelaran Piala Eropa
Pemain belakang Turki Merih Demiral melakukan gol bunuh diri di menit ke-53 sehingga menjadikanikan Italia unggul sementara 1-0 atas Turki (sumber : tribunnews.com)

Laga pembuka Piala Eropa atau Euro 2020 antara Italia lawan Turki berakhir dengan  kemenangan untuk Gli Azzurri dengan skor telak 3-0. Gol pertama Italia merupakan "sumbangan" pemain belakang Turki Merih Demiral (53). Sementara dua gol Italia lainnya masing-masing dicetak oleh Cirro Immobile (66) dan Lorenzo Insigne (79).

Kemenangan Italia atas Turki tentu merupakan awal yang baik. Kemenangan tersebut menjadi modal berharga bagi Italia dalam menghadapi dua laga kualifikasi grup A selanjutnya melawan Swiss dan Wales.

Sebaliknya, kemenangan Italia yang cukup besar atas Turki menjadi lampu kuning bagi calon lawan Italia berikutnya. Swiss dan Wales yang akan menghadapi Italia patut waspada, jika tidak ingin bernasib sama seperti Turki.   

Performa Italia di partai perdana kualifikasi grup Euro 2020 ini bisa dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan performa Italia pada beberapa gelaran Euro sebelumnya. Kita bandingkan dengan tiga gelaran Euro, yakni Euro 2016, Euro 2012, dan Euro 2008.

Di Euro 2016 lalu, Italia tergabung di grup E bersama Belgia, Republik Irlandia, dan Swedia. Di partai perdana kualifikasi kualifikasi grup, Italia menghadapi Belgia. Italia berhasil mengalahkan Belgia dengan skor 2-0. Kedua gol Italia waktu itu dicetak Giaccherini (32) dan Pelle (90+3).

Kemudian di Euro 2012, Italia tergabung di grup C bersama Spanyol, Kroasia, dan Republik Irlandia. Di partai perdana kualifikasi kualifikasi grup, Italia menghadapi Spanyol. Pertandingan berakhir seri 1-1.

Sementara di Euro 2008, Italia juga tergabung di grup C. Saat itu Grup C Euro 2008 adalah grup paling panas dan keras karena di sana ada Belanda, Prancis  dan Rumania. Di partai perdana kualifikasi grup, Italia menghadapi Belanda. Di partai perdana itu Italia kalah telak 0-3 dari Belanda.

Kalau diurutkan performa Italia di partai perdana kualifikasi grup beberapa Euro sebelumnya secara berurutan dari yang terlama adalah kalah (0-3, Euro 2008), seri (1-1, Euro 2012), dan menang (2-0, Euro  2016). Jadi jelas performa Italia di partai perdana kualifikasi grup Euro 2020 lebih baik jika dibandingkan dengan performa Italia di beberapa gelaran Euro sebelumnya.

Namun menarik  untuk dicermati, bagaimana perjalanan Italia selanjutnya di beberapa Euro sebelumnya itu? Hal itu cukup penting sebagai perbandingan untuk menganalisa  atau memprediksi perjalanan Italia di Euro 2020 ini.

Di Euro 2008, Italia berada di posisi runner up klasemen akhir grup C di bawah Belanda yang menjadi juara grup. Italia mendulang 4 poin, hasil dari satu  kali kalah, satu kali seri, dan satu kali menang.

Italia kalah dari Belanda 0-3. Selanjutnya Italia bermain seri 1-1 dengan Rumania. Terakhir Italia menang atas Prancis 2-0.   

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN