Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Deadliner

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Tiga Tim Liga Utama Inggris (Masih) Berburu Tiket Liga Champions UEFA

19 Mei 2021   08:41 Diperbarui: 20 Mei 2021   13:14 364 25 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tiga Tim Liga Utama Inggris (Masih) Berburu Tiket Liga Champions UEFA
Jorginho, menyumbang satu dari dua gol Chelsea kala mengalahkan Leicester City dini hari tadi (19/05), sehingga menjaga asa Chelsea meraih tiket Liga Champions UEFA (sumber : tribunnews.com)

Sebagaimana Italia, Jerman, dan Spanyol, Inggris termasuk salah satu negara yang mendapat jatah Liga Champions dari UEFA sebanyak 4 (empat) tim. Salah satu tolok ukur hal itu tentu kualitas kompetisi yang ada di negara tersebut.

Saat ini kompetisi Liga Utama Inggris alias Premier League hampir berakhir. Sebanyak 12 tim memiliki dua pertandingan sisa dan hanya 8 tim yang tinggal memiliki satu pertandingan sisa. Kompetisi Liga Utama Inggris sendiri akan berakhir pada 23 Mei 2021.

Juara Liga Utama Inggris sudah pasti diraih Manchester City, kendati kompetisi belum berakhir. Kepastian juara diperoleh Manchester City pada pekan ke-36 Liga Utama Inggris.

Sebagai juara, Manchester City otomatis mendapat satu dari empat tiket Liga Champions UEFA. Berarti sisa tiket Liga Champions UEFA tinggal tiga.

Saudara sekota Manchester City, yakni Manchester United yang berada di posisi ke-2 klasemen Liga Utama Inggris berhak mengambil satu dari tiga tiket Liga Champions UEFA tersisa. Sebab Manchester United memiliki raihan poin yang tidak mungkin lagi bisa terkejar oleh dua tim di  bawahnya.

Sisa tiket Liga Champions UEFA yang menjadi jatah tim Liga Utama Inggris, dengan demikian tinggal tersisa dua. Siapa saja yang memiliki peluang bisa mendapatkan dua tiket tersisa itu?

Melihat klasemen Liga Utama Inggris saat ini, paling tidak ada tiga tim yang masih berpeluang bisa mendapatkan dua tiket tersisa itu. Ketiga tim itu adalah Chelsea, Leicester City, dan Liverpool.

Sementara tim-tim yang berada di bawah ketiga tim di atas sudah tidak mungkin lagi mengejar raihan poin yang memungkinkan bisa masuk ke zona Liga Champions UEFA. Tottenham Hotspur dan West Ham United misalnya. Kedua tim itu baru mendulang 59 poin.

Tottenham Hotspur dan West Ham United memang masih memiliki dua sisa pertandingan. Akan tetapi, kalau pun keduanya memenangkan seluruh pertandingan, poin maksimal keduanya hanya 65. Padahal poin yang dibutuhkan untuk menyabet tiket Liga Champions UEFA minimal 66 poin.

Kembali kepada siapa yang berpeluang menyabet dua tiket Liga Champions UEFA tersisa.  Secara berurutan tiga  tim yang masih memiliki peluang menyabet dua tiket Liga Champions UEFA tersisa adalah Chelsea, Leicester City, dan Liverpool.

Chelsea memiliki poin 67, dengan sisa satu pertandingan. Leicester City memiliki poin 66, dengan sisa satu pertandingan. Sementara Liverpool memiliki poin 63, dengan sisa dua pertandingan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN