Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Freelancer

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Makanan Paling Enak di Dunia

13 Maret 2021   23:37 Diperbarui: 13 Maret 2021   23:40 323 28 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Makanan Paling Enak di Dunia
Dakdoritang, salah satu makanan khas Korea (kompas.com)

Berbicara mengenai makanan yang ada di dunia ini, saking banyak jenis dan jumlahnya mungkin bisa katakan tak terhingga. 

Ada makanan tradisional, ada makanan modern, ada makanan asli daerah, ada makanan yang berasal dari luar negeri, ada makanan yang dijajakan di kaki lima, ada makanan yang disajikan di restoran dan hotel berbintang, dan sebagainya.

Kalau dirinci satu persatu, makanan yang berasal dari satu negara saja misalnya, jenisnya tentu sangat banyak dan beragam. Jangankan dari satu negara, makanan yang berasal dari satu daerah yang ada di Indonesia saja juga sangat banyak dan beragam.

Di antara banyak ragam makanan yang ada di dunia ini, makanan dari negara atau wilayah mana yang paling enak? 

Apakah makanan khas yang berasal dari daerah kita sendiri, makanan khas Indonesia, atau makanan yang berasal dari luar yang namanya aneh-aneh di telinga seperti makanan Korea, makanan Cina, makanan Jepang, makanan Timur Tengah, makanan Eropa, makanan Amerika, makanan Afrika atau makanan dari penjuru dunia lainnya?

"Enak" adalah sebuah nilai rasa yang sifatnya subjektif. Enak menurut orang Indonesia belum tentu enak menurut orang Eropa misalnya. 

Makanan yang dibuat dengan sangat menarik, disajikan di hotel mewah, dan dibuat oleh chef kelas dunia, belum tentu dirasakan atau disebut enak oleh orang daerah yang asing dengan makanan tersebut.

Enak tidaknya suatu makanan tidak bisa diukur dengan seberapa menarik makanan itu. Enak tidaknya suatu makanan tidak bisa diukur dengan seberapa mahal makanan itu. Pun Enak tidaknya suatu makanan tidak bisa diukur dengan siapa juru masak atau chef yang membuat makanan itu.

Dengan demikian jika ada pertanyaan makanan dari negara atau wilayah mana yang paling enak? Jawabannya akan sangat subjektif.

Suatu makanan terasa enak atau nikmat tidak semata-mata karena faktor makanannya. Selain itu akan sangat tergantung pula kepada siapa yang memakan makanan itu. 

Hal itu juga masih tergantung kepada faktor kesehatan, tergantung kepada faktor kebiasaan, atau tergantung faktor keseringan orang yang memakan makanan tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x