Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Artikel Utama

Berbisnis dengan Teman, Mengapa Tidak?

21 Januari 2021   17:22 Diperbarui: 23 Januari 2021   20:14 241 53 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berbisnis dengan Teman, Mengapa Tidak?
Ilustrasi berbisnis dengan teman (Sumber: Thinkstockphotos via kompas.com)

Berbisnis dengan teman atau bukan teman pada dasarnya sama saja. Dalam melakukan bisnis dengan siapa pun selalu ada potensi sukses, tapi ada juga potensi gagal.

Bukan sesuatu yang salah ketika kita ingin melakukan bisnis dengan teman. Bahkan dalam hal tertentu, bisnis dengan teman memiliki beberapa keuntungan. Antara lain kita sudah mengenal karakter teman kita itu dengan baik, sehingga kita lebih mudah untuk bekerja sama.

Ada banyak cerita sukses bisnis yang dilakukan bersama teman, walau pun tentu saja ada juga cerita yang tidak sukses. Dalam hal ini banyak perusahaan raksasa beberapa diantaranya merupakan hasil  kerja sama teman dengan teman.

Microsoft misalnya, perusahaan pembuat perangkat lunak terbesar di dunia itu dibangun hasil kerja sama dua orang teman karib sejak kecil, Bill Gates dan Paul Allen pada tahun 1975.

Twitter, perusahaan dalam bidang layanan jejaring sosial dan mikroblog daring yang didirikan pada tahun 2006, juga merupakan kolaborasi dua orang teman Evan Williams dan Biz Stone. Begitu pula dengan perusahaan teknologi mikroprossesor Intel yang dibangun pada tahun 1968, hasil kerja sama tiga orang teman, yaitu Gordon Moore, Andy Grove, dan Boy Noyce.

Selanjutnya ada Google, perusahaan raksasa dalam bidang jasa dan produk internet itu merupakan hasil kerja sama dua orang teman, Larry Page dan Sergey Brinn pada tahun 1998. Demikian pula Apple, perusahaan teknologi multinasional yang dibangun pada tahun 1976 oleh dua orang teman, Steve Jobs dan Steve Wozniak.

Selain beberapa perusahaan raksasa yang disebutkan di atas, tentu masih banyak lagi perusahaan besar lain yang didirikan atas hasil kerja sama antar teman. Bisnis mereka bisa sukses karena dilakukan dengan teman. Mungkin akan lain ceritaya jika mereka melakukan bisnisnya tidak dengan teman.

Secara tidak langsung mereka yang telah berhasil membangun bisnis dengan teman mereka, yang telah disebutkan di atas memberikan inspirasi kepada kita, kepada siapa pun agar "tidak takut" untuk berbisnis dengan teman. Sebaliknya, melakukan bisnis dengan teman merupakan hal yang menyenangkan dan menciptakan kesuksesan.

Akan tetapi tentu saja, berbisnis dengan teman tidak boleh sembarangan. Sebab ada hal yang dipertaruhkan ketika kita berbisnis dengan teman, yaitu pertemanan itu sendiri. Kalau bisnis gagal, bukan tidak mungkin pertemanan juga ikut terbawa imbasnya.

Agar bisnis dengan teman bisa menuai kesuksesan sesuai dengan yang diharapkan, kita harus berhati-hati. Paling tidak ada enam hal yang perlu kita perhatikan sebelum memulai berbisnis dengan teman.

Pertama, lihat dulu karakter teman. Ini penting, sebab karakter teman kita mungkin tidak semua cocok jika diajak melakukan bisnis bersama.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN