Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Belum Ada Tanda-tanda Partai Ummat Amien Rais akan Melakukan Deklarasi

15 Januari 2021   15:37 Diperbarui: 23 Januari 2021   06:01 813 47 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Belum Ada Tanda-tanda Partai Ummat Amien Rais akan Melakukan Deklarasi
Pendiri Partai Ummat Amien Rais (tribunnews.com)

Partai Ummat adalah partai yang bisa dikatakan belum ada wujudnya. Walau pun begitu, partai ini sudah banyak diperbincangkan dan cukup menyita perhatian banyak pihak. Mungkin salah satu faktornya karena penggagas partai ini adalah tokoh yang cukup punya nama, Amien Rais.

Terlepas dari masalah  like or dislike terhadap Amien Rais secara personal, faktanya Amien Rais adalah tokoh besar dan tokoh nasional yang piawai berpolitik. Hal itu bisa dipahami mengingat beliau seorang praktisi dan ahli politik lulusan dari program doktoral ilmu politik Chicago Uniiversity, Illionis, Amerika Serikat.

Sejauh ini Partai Ummat memang baru memiliki nama, lambang, dan lagu (mars) saja. Selebihnya, seperti legalitas dari Kemenkumham, pimpinan partai, dan susunan kepengurusannya belum ada. Deklarasi partai pun sebagai bentuk publikasi lahirnya sebuah partai politik belum juga dilakukan.

Terkait masalah deklarasi Partai Ummat sebagaimana informasi yang disampaikan oleh beberapa inisiator partai tersebut pada bulan Desember 2020 lalu, santer akan dilaksanakan pada awal tahun 2021, yakni pada bulan Januari ini. Amien Rais sendiri pernah menyampaikan hal yang sama, yakni deklarasi Partai Ummat akan dilaksanakan bulan Januari 2021, hanya tanggalnya belum ditentukan.  

Saat ini sudah pertengahan bulan januari 2021, tapi tanda-tanda deklarasi Partai Ummat belum juga ada. Kalau apa yang disampaikan para penggagas Partai Ummat termasuk apa yang pernah disampaikan Amien Rais sendiri tentang deklarasi Partai Ummat benar akan dilakukan pada bulan januari 2021, berarti masih ada waktu setengah bulan lagi. Kalau tidak tanggal 16, ya tanggal 17, dan seterusnya sampai tanggal 31 januari.

Dalam deklarasi sebuah partai politik biasanya ada beberapa unsur partai yang disampaikan kepada publik. Seperti nama partai, logo partai, AD/ART partai, asas partai, pimpinan partai, dan termasuk susunan lengkap pengurus partai.  

Mengenai nama partai, logo partai, dan asas partai, Partai Ummat sudah memiliki dan terlebih dahulu sudah mempublikasikannya. Partai Ummat tinggal menyiapkan AD/ART partai, pimpinan partai, dan susunan lengkap kepengurusan partai.

Nama partai sudah jelas : Partai ummat. Kemudian logo partai juga sudah dipublikasikan, yakni apa yang disebut Amien Rais sebagai "perisai tauhid". "Perisai tauhid" sebagai logo Partai Ummat berwarna kuning emas dengan simbol bintang di tengahnya, yang juga berwarna kuning  emas.

Dalam hal pimpinan partai, Amien Rais dan para loyalisnya yang ikut menggagas Partai Ummat tentu akan dan sedang berhitung sangat cermat. Mereka harus bisa memilih dan menentukan figur pimpinan partai yang memiliki "magnet besar" agar nantinya bisa menarik para pemilih memilih Partai Ummat.

Para inisiator Partai Ummat sempat mendesak Amien Rais untuk langsung memimpin Partai Ummat. Namun Amien Rais belum menyatakan kesiapannya, masih melihat situasi.

Selain Amien Rais yang disebut-sebut akan menjadi calon ketua umum Partai Ummat, beberapa nama lain sempat pula beredar ke publik. Seperti nama putra Amien Rais sendiri, Hanafi Rais juga sempat diperbincangkan. Selain itu mantan pangllima  TNI dan petinggi KAMI (Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia) juga sempat dikaitkan dengan Partai Ummat dan digadang-gadang sebagai calon ketua umumnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN