Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Wisdom Lover

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Madrid Akhirnya Lolos dari "Lubang Jarum", Ajax Ikuti MU

10 Desember 2020   11:11 Diperbarui: 11 Desember 2020   12:50 127 27 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Madrid Akhirnya Lolos dari "Lubang Jarum", Ajax Ikuti MU
Pahlawan Madrid, Karim Benzema melakukan selebrasi setelah mencetak gol (kompas.com)

Para fans Los Blancos Real Madrid akhirnya bisa bernafas lega dan bisa tersenyum lebar ketika tim kesayangannya dipastikan lolos ke babak 16 besar Liga Champions UEFA. Real Madrid dipastikan lolos ke babak 16 besar setelah dalam pertandingan terakhir berhasil mengalahkan pemuncak klasemen sementara grup B, Borussia Monchengladbach, Kamis dinihari (10/12).

Dalam pertandingan itu Madrid mengalahkan Monchengladbach dengan skor 2-0. Pahlawan kemenangan Madrid yang berhasil menciptakan brace itu tak lain adalah pemain andalan mereka, striker Karim Benzema pada menit ke 9 dan 31.

Kemenangan Real Madrid atas Borussia Monchengladbach tidak hanya meloloskan Real Madrid dari "lubang jarum", tapi  juga berhasil mengangkat harga diri Real Madrid sendiri. Kemenangan itu tidak hanya membuat Real Madrid sekedar lolos, tapi bisa menjadikannya juara grup B dengan mengumpulkan 10 poin. Borussia Monchengladbach sendiri walaupun kalah, tetap lolos dari grup B mendampingi Real Madrid.

Sebelumnya nasib Real Madrid berada di ujung tanduk karena hanya menempati urutan ke-3 grup B. Seandainya dalam pertandingan terakhirnya Madrid hanya bermain imbang saja dengan Monchengladbach, nasib Madrid dipastikan akan seperti Manchester United di grup H.

Sementara itu salah satu tim yang cukup berpengalaman di Liga Champions, Ajax Amsterdam (Belanda) harus menerima kenyataan pahit bernasib sama dengan Manchester United yang hanya menempati urutan ke-3 grup. Dalam pertandingan terakhir grup D, Kamis dinihari (10/12), Ajax Amsterdam tidak mampu mengatasi perlawanan rival mereka tim kuda hitam wakil Italia, Atalanta. Dalam pertandingan terakhirnya itu Ajax kalah tipis 1-0 dari Atalanta.

Nasib Ajax Amsterdam dan juga Manchester United mungkin relatif lebih baik dibandingkan dengan sesama tim berpengalaman di Liga Champions lainnya, Inter milan. Nasib Inter sangat tragis karena hanya menempati posisi juru kunci di klasemen akhir grup B. Padahal Inter merupakan juara tiga kali Liga Champions sama dengan Manchester United dan hanya beda terpaut satu kali lebih sedikit dari Ajax Amsterdam yang pernah memegang trofi Liga Champions empat kali.

Ajax Amsterdam dan juga Manchester United memang terhenti di Liga Champions karena hanya menempati urutan ke-3 di grup masing-masing. Akan tetapi keduanya bisa melanjutkan di kompetisi Eropa lain yakni Liga Eropa UEFA. Turun tahta memang, tapi lumayan masih bisa berkiprah di kancah Eropa.

Selain Real Madrid dan Borussia Monchengladbach yang berhasil mewakili grup B lolos ke babak 16 besar Liga Champions UEFA, ada dua tim lain dari grup A dan D yang mengikuti langkah keduanya. Kedua tim itu adalah tim sekota Real Madrid sendiri, Atletico Madrid yang mewakili grup A dan tim kuda hitam dari Itali, Atalanta yang mewakili grup D.

Real Madrid, Borussia Monchengladbach, Atletico Madrid, dan Atalanta, dengan demikian melengkapi 12 tim lain yang sudah memastikan diri terlebih dahulu lolos ke babak 16 besar Liga Champions UEFA. Kedua belas tim yang sebelumnya sudah memastikan diri lolos ke babak 16 besar terlebih dahulu adalah Chelsea, Sevilla (grup E), Barcelona, Juventus (grup G), Bayern Munchen (grup A), Manchester City, FC Porto (grup C), Liverpool (grup D), Borussia Dortmund, Lazio (grup F), PSG, dan RB Leipzig (grup H).

Siapakah dari ke-16 tim tim yang layak mengangkat trofi si "kuping lebar"? Bicara kelayakan mungkin semua juga layak. 

Nah masalahnya, dari ke-16 tim itu siapa yang lebih siap, lebih kuat, dan lebih beruntung ? Waktu nanti yang akan menjawabnya.

VIDEO PILIHAN