Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Empat Tim Segel Tiket Babak 16 Besar Liga Champions UEFA, Siapa Menyusul?

25 November 2020   19:59 Diperbarui: 25 November 2020   20:05 109 29 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Empat Tim Segel Tiket Babak 16 Besar Liga Champions UEFA, Siapa Menyusul?
Trofi Piala Champions UEFA (aceh.tribunnews.com)

Dua tim dari grup E dan dua tim dari grup G, memastikan diri melaju ke babak 16 besar Liga Champions UEFA. Dengan demikian total sudah ada ada empat tim yang lolos ke babak 16 besar Liga Champions UEFA. Keempat tim itu adalah Chelsea (Inggris), Sevilla (Spanyol) dari grup E dan Barcelona (Spanyol), Juventus (Italia) dari grup G.

Walau pun babak penyisihan grup masih menyisakan dua pertandingan, keempat tim itu telah mendulang poin yang tak mungkin terkejar oleh dua tim lain di grup masing-masing. Seperti di grup E, Chelsea dan Sevilla yang mengoleksi masing-masing 10 poin tak mungkin terkejar lagi oleh Krasnodar dan Rennes yang masing-masing baru mendulang 1 poin.

Begitu pula di grup G. Barcelona yang telah mendulang 12 poin dan Juventus yang telah mendulang 9 poin tak mungkin lagi bisa terkejar oleh dua tim di bawahnya, yaitu Dynamo Kyiv dan Ferencvaros. Sebab Dynamo Kyiv dan Ferencvaros masing-masing baru berhasil mendulang 1 poin.

Kepastian lolosnya dua tim sekaligus lebih awal dari sebuah grup ketika pertandingan masih tersisa, bisa diartikan bahwa persaingan di grup itu kurang seimbang. Ada tim yang sangat kuat dan ada tim yang lemah sekali.  

Begitu pula sebaliknya. Kalau dalam satu grup belum ada tim yang bisa dipastikan lolos ke babak 16 besar sebelum semua pertandingan penyisihan grup berakhir, berarti kekuatan tim yang ada di grup itu relatif seimbang. 

Jumlah tim yang lolos ke babak 16 besar kemungkinan akan bertambah dini hari nanti (26/11) mengingat ada beberapa pertandingan lanjutan penyisihan di grup A, B, C, dan D. Tim yang berpotensi lolos ke babak 16 besar dini hari nanti mengikuti Chelsea, Sevilla, Barcelona, dan Juventus ada tiga, yaitu Bayern Munchen (grup A), Manchester City (grup C), dan Liverpool (grup D).

Baik Bayern Munchen (grup A), Manchester City (grup C), atau Liverpool (grup D) hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk bisa memastikan lolos lebih cepat ke babak 16 besar. Hal itu nampaknya bukan masalah besar bagi ketiga tim.

Bayern Munchen kemungkinan tak akan menemui kendala berarti ketika menghadapi tim juru kunci grup A, RB Salzburg. Begitupula dengan Manchester City kemungkinan tak akan kesulitan menghadapi peringkat ke-3 grup C, Olympiakos. Sedangkan Liverpool yang akan menghadapi Atalanta peringkat ke-3 grup D, juga besar kemungkinan akan bisa mengatasi lawannya itu.

Sementara itu beberapa tim besar seperti Real Madrid, Inter Milan, Ajax Amesterdam, Manchester United, atau Paris Saint Germain nampaknya harus bersusah payah menunggu sampai babak penyisihan berakhir untuk bisa memastikan lolos ke babak 16 besar. Bahkan  beberapa tim besar terancam tidak akan lolos dari fase penyisihan grup.

Seperti Real Madrid dan Inter Milan misalnya. Saat ini  kedua tim tertahan di posisi ke-3 dan ke-4 grup B. Mereka kalah bersaing dengan Borussia Monchengladbach yang berada di posisi pertama grup B dan Shakhtar Donesk.

Akan tetapi dengan segudang pengalaman di Liga Champions, khusus bagi Real Madrid sepertinya akan mampu melepaskan diri dari persaingan grup B. Real Madrid kemungkinan akan mampu lolos ke babak 16 besar Liga Champions UEFA.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN