Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Partai Baru Amien Rais Akan Menggerus Suara PAN?

2 Oktober 2020   20:21 Diperbarui: 3 Oktober 2020   17:14 243 26 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Partai Baru Amien Rais Akan Menggerus Suara PAN?
Pendiri Partai Ummat, Amien Rais (tribunnews.com)

Membicarakan partai baru besutan Amien Rais dalam Pemilu 2024, sesungguhnya terlalu prematur. Hal itu dikarenakan partai baru besutan Amien Rais tersebut memang belum jelas bentuk atau wujudnya.

Informasi sementara yang bisa kita dapatkan sebagaimana disampaikan oleh Amien Rais sendiri melalui kanal Youtube "Amien Rais Official" (01/10), bahwa partai baru tersebut bernama Partai Ummat. Selebihnya tidak ada lagi informasi yang bisa kita dapatkan. Baik logo partai, ketua umum partai, susunan pengurus, dan sebagainya.

Bahkan partai baru besutan Amien Rais tersebut belum jelas kapan dideklarasikan. Selain itu, apakah partai baru besutan Amien Rais tersebut akan (lolos) mendapat SK dari Kemenkumham (Kementerian Hukum dan HAM) dan lolos verifikasi KPU (Komisi Pemilihan Umum) atau tidak. Semua masih harus menunggu proses dan perjalanan yang panjang.

Walau pun begitu banyak pihak sudah mulai membuat prediksi-prediksi tentang prospek atau nasib partai baru Amien Rais tersebut. Termasuk dalam hal ini imbasnya terhadap partai lain, terutama terhadap PAN (Partai Amanat Nasional) sebagai partai lama Amien Rais.

Kita asumsikan bahwa partai baru Amien Rais yang bernama partai Ummat tersebut lolos mendapat SK dari Kemenkumham dan lolos verifikasi dari KPU. Partai Ummat pun kita asumsikan terdaftar menjadi salah satu kontestan pada Pemilu 2024 nanti.

Lantas dari mana partai Ummat akan mendapatkan suara pemilih ? Amien Rais adalah salah seorang tokoh Muhammadiyah yang cukup berpengaruh. Oleh karena itu sebagian massa Muhammadiyah diprediksi akan menjadi basis bagi perolehan suara partai Ummat.

Selain itu dalam sejarah PAN, Amien Rais merupakan tokoh sentral partai itu. Banyak pemilih PAN memilih PAN karena melihat sosok Amien Rais. Oleh karena itu bisa  dipahami jika pada Pemilu 2024 sebagian (besar ?) pemilih PAN akan "migrasi" ke partai Ummat.

Jadi kalau partai Ummat kemudian disebut-sebut akan menggerus suara PAN, hal itu tidaklah berlebihan. Cukup masuk akal.

Sejauh ini memang belum ada suara-suara resmi dari pengurus PAN, mulai tingkat pusat sampai daerah, yang menyatakan akan menyeberang ke partai Ummat. Apalagi mereka yang duduk di legislatif atau eksekutif. Bahkan beberapa petinggi PAN menjamin tak akan ada kader PAN yang menyeberang ke partai baru bentukan Amien Rais, kecuali sedikit saja.

Akan tetapi saya memprediksi bahwa sebagian pengurus struktural PAN loyalis Amien Rais, baik pusat atau daerah akhirnya akan menyeberang ke partai Ummat. Hanya waktunya tidak sekarang, tapi nanti setelah mendekati Pemilu 2024.

Kalau hal itu benar terjadi, jelas suara PAN akan tergerus. PAN pun terancam tidak akan lolos electoral threshold 4 persen. Apalagi kalau electoral threshold itu dinaikan menjadi lebih dari 4 persen.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x