Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Pernah Belajar Filsafat. Pemerhati SepakBola (dunia). Penonton Politik. Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bisnis Artikel Utama

Investasi Tanah, Dijamin Aman dan Tak Pernah Rugi

29 Juli 2020   21:37 Diperbarui: 30 Juli 2020   20:15 333 28 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Investasi Tanah, Dijamin Aman dan Tak Pernah Rugi
Ilustrasi investasi tanah yang terus naik. (Thinkstock/Maxsattana)

Investasi dalam situasi penuh ketidakpastian seperti saat ini cukup beresiko. Kalau tidak pandai memilih jenis investasi, bukannya keuntungan yang akan didapatkan. Malah sebaliknya, mengalami kerugian di luar perkiraan sebelumnya.

Salah satu jenis investasi yang jauh dari kata rugi dan aman adalah investasi tanah. Tanah sebenarnya merupakan salah satu instrumen investasi properti, selain rumah, apartemen, atau ruko.

Dibandingkan dengan investasi properti lain, yakni rumah, apartemen, atau ruko sekalipun, investasi tanah masih tetap yang paling aman dan tidak akan merugi. Kalau rumah, apartemen, atau ruko, memiliki resiko kerusakan atau kehancuran.

Suatu waktu rumah, apartemen, atau ruko, mungkin saja terkena musibah kebakaran misalnya, sehingga menjadi hancur atau rusak. Sedangkan tanah ? Tidak mungkin terkena kebakaran dan menjadi hancur atau rusak sebagaimana rumah, apartemen, atau ruko.

Hanya saja, kalau mau berinvestasi dalam bidang pertanahan harus benar-benar hati-hati. Bukti sah kepemilikan tanah harus jelas dan sah. Harus dipastikan bahwa tanah yang akan dibeli tidak dalam sengketa atau dipermasalahkan.

Tak seperti investasi dalam bidang lain, investasi dalam bidang pertanahan dipastikan tak akan pernah rugi. Hal itu dikarenakan harga tanah tak ada ceritanya turun, dari waktu ke waktu pasti selalu naik, nilai jualnya selalu bertambah.

Kalau kita membeli tanah tahun ini seharga 100 juta misalnya. Tahun depan dan seterusnya tak mungkin harga tanah turun menjadi kurang dari 100 juta. Harga tanah pasti akan terus meningkat.

Masalahnya nilai kenaikan harga tanah kadang unpredictable. Tergantung posisi tanah dan tergantung perkembangan sosial ekonomi di sekitar lokasi tanah.

Tidak sedikit orang yang  memiliki tanah tidak seberapa luas tapi mendadak kaya raya karena tanahnya terkena jalur proyek misalnya. Bisa juga harga tanah di suatu tempat meroket karena lingkungan sekitar lokasi tanah menjadi pusat perdagangan, industri, atau pariwisata.

Harga tanah yang strategis berada di sekitar lokasi-lokasi tadi, persentase kenaikan nilai jualnya  mungkin bisa mencapai 100 persen, 200 persen, atau bahkan berkali-kali lipat dari harga sebelumnya. Si pemilik tanah pun bisa mendapatkan untung besar.

Memang tidak semua tanah memiliki prospek atau potensi keuntungan seperti yang ada di lokasi-lokasi strategis seperti di atas. Tanah yang berlokasi nan jauh dari keramaian, potensi keuntungannya kecil karena nilai jualnya tidak akan meningkat secara signifikan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN