Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Pernah Belajar Filsafat. Pemerhati SepakBola (dunia). Penonton Politik. Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Pelatih Hebat, Sebelumnya Mantan Pemain Hebat?

5 Juli 2020   11:45 Diperbarui: 5 Juli 2020   12:13 224 26 4 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Pelatih Hebat, Sebelumnya Mantan Pemain Hebat?
Juergen Klopp, Pep Guardiola, Dan Jose Mourinho (goal.com)

Para penggila bola tentu tidak akan asing dengan nama Juergen Klopp, Pep Guardiola, atau Jose Mourinho. Ya, ketiganya adalah para pelatih (manajer) sepakbola top saat ini. Ketiganya memiliki karier kepelatihan yang cukup mentereng.

Ketiga pelatih tersebut dikenal banyak orang di seantero jagat saat ini. Tapi sebelum mereka menjadi pelatih, apakah banyak orang yang mengenalnya ? Apakah mereka mantan pemain sepakbola hebat ?

Sebelum menjawab hal itu mari kita lihat kehebatan karier mereka sebagai pelatih. Setelah itu baru kita bahas ketiganya sebelum mereka menjadi pelatih hebat.

Pertama, Juergen Klopp. Klopp adalah fenomena pelatih hebat dan sukses paling aktual. Klopp secara fenomenal membawa The Reds Liverpool menjadi jawara Liga Utama Inggris yang ke-19 kalinya setelah 30 tahun The Reds puasa gelar.

Sebelum itu di musim pertamanya menjadi pelatih Liverpool, yakni musim 2015-2016, Klopp sukses mengantar Liverpool ke final Liga Eropa, meski kalah dari Sevilla dengan skor tipis 0-1. Pada musim 2017-2018, Klopp juga berhasil mengantar Liverpool ke final Liga Champions berhadapan dengan Real Madrid. Meskipun Liverpool harus mengakui keunggulan Madrid setelah dikalahkan 1-3.

Klimaksnya, Klopp berhasil kembali membawa Liverpool ke final Liga Champions melawan klub senegara Tottenham Hotspur pada musim 2018-2019. Kali ini Liverpool sukses menjadi jawara Liga Champions setelah mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0. Setelah itu di tahun yang sama, Klopp membawa Liverpool menjadi juara Piala Super Eropa dan Piala Dunia Antar Klub.

Sebelum melatih Liverpool, Klopp juga memiliki prestasi gemilang kala melatih Borussia Dortmund sehingga menjadikan klub itu cukup disegani di Jerman. Dua musim berturut-turut Klopp membawa Dortmund juara Bundesliga, yakni pada musim 201-2011 dan 2011-2012.

Selain itu pada musim 2012-2013, Klopp berhasil mengantar Dortmund ke final Liga Champions. Sayang di final Dortmund harus mengakui klub senegara Bayern Muenchen. Dortmund kalah dari Muenchen dengan skor tipis 1-2.

Itulah Juergen Klopp, pelatih bertangan dingin dan salah seorang pelatih top Eropa bahkan dunia. Klopp adalah sebuah garansi bagi klub yang dilatihnya.

Kemudian Pep Guardiola, atau Josep Guardiola. Pelatih Manchester City ini bahkan lebih mentereng lagi prestasinya. Hanya saja untuk saat ini, prestasi Pep Guardiola memang berada di bawah Juergen Klopp. Buktinya, Manchester City yang dilatih Guardiola tak mampu menggagalkan Liverpool menjadi juara Liga Utama Inggris dan hanya mampu bertengger di posisi runner-up.

Pep Guardiola tercatat pernah menangani tiga klub top Eropa di tiga negara berbeda. Pertamakali Guardiola melatih klub yang telah membesarkannya, Barcelona (Spanyol) pada tahun 2008 sampai tahun 2012. Selepas melatih Barcelona, Guardiola kemudian menjajal Bundesliga Jerman dengan menjadi pelatih Bayern Muenchen selama tiga tahun. Terakhir, Guardiola melatih The Citizen Manchester City (Inggris) sejak tahun 2016 sampai saat ini.  

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x