Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi Pilihan

Solusi Memangkas Kesenjangan Ekonomi

14 Februari 2020   21:19 Diperbarui: 14 Februari 2020   21:28 225 6 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Solusi Memangkas Kesenjangan Ekonomi
grid.id

Indonesia adalah negara yang kaya raya akan sumber daya alam dan juga sumber daya manusia. Kekayaan alam Indonesia sungguh luar biasa banyak dan melimpah. 

Indonesia memiliki tanah yang subur, laut yang begitu luas, dan isi perut bumi yang mengandung banyak  bahan tambang dan mineral. Belum lagi keindahan alamnya yang indah mempesona. Tidak heran jika bangsa Eropa seperti Portugis dan Belanda dulu ingin menguasai Indonesia dengan menjadikan Indonesia daerah kolonial. 

Kekayaan alam yang melimpah, yang dimiliki Indonesia tidak serta merta menjadikan rakyatnya merasakan hidup makmur dan sejahtera. Masih banyak rakyat Indonesia yang hidup di bawah garis kemiskinan. Masih banyak rakyat Indonesia yang perutnya lapar.  Masih banyak rakyat Indonesia yang hidup kurang layak.

Penulis kadang merasa heran dengan negara-negara di luar sana yang kecil secara wilayah dan juga tidak memiliki kekayaan alam seperti Indonesia tapi rakyatnya bisa hidup makmur dan sejahtera. Sebutlah Jepang, Singapura, atau Swiss misalnya. Negara-negara kecil itu sungguh luar biasa. Rakyatnya bisa hidup makmur dan sejahtera.

Ada apa dengan Indonesia ? Kaya raya tapi tidak semua rakyatnya hidup makmur dan sejahtera. Tentu ada sesuatu yang salah. Letak kesalahan itu ada dalam pengelolaan negara. Para pengelola negara lah yang memiliki tanggung jawab itu.

Kesenjangan sosial dan ekonomi antara si kaya dan si miskin di antara warga negara cukup menganga.

Di satu sisi banyak orang yang memiliki harta melimpah, tetapi di sisi lain masih banyak orang yang hidupnya sangat susah. Jangankan memiliki deretan mobil dan motor berharga milyaran, untuk memenuhi kebutuhan isi perut saja harus susah payah, banting tulang mandi keringat.

Penulis jadi ingat beberapa bait lagu yang berjudul "Indonesia", yang diciptakan oleh Raja Dangdut Rhoma Irama pada tahun 80 an. Secara lugas Rhoma Irama mengungkapkan kondisi Indonesia yang sebenarnya, antara lain :

"Hijau merimbuni daratannya, biru lautan di sekelilingnya
Itulah negeri Indonesia, negeri yang subur serta kaya raya
Seluruh harta kekayaan negara hanyalah untuk kemakmuran rakyatnya
Namun hatiku slalu bertanya-tanya, mengapa kehidupan tidak merata
Yang  kaya makin kaya yang miskin makin miskin"

Mengapa terjadi kesenjangan sosial dan ekonomi yang cukup besar diantara warga negara ? Hal itu tentu diakibatkan oleh adanya penumpukkan kekayaan di satu titik. Kekayaan hanya menumpuk di kalangan tertentu atau pihak tertentu. Kekayaan tidak terdistribusi, tidak berputar secara merata diantara warga negara.  

Oleh karena itu Islam mengingatkan melalui kitab sucinya (QS. Al-Hasyr : 7) bahwa harta (kekayaan) tidak boleh berputar diantara orang-orang kaya saja, melainkan harus berputar, harus terdistribusi kepada kalangan orang-orang miskin dan orang-orang atau pihak yang berhak mendapatkannya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x