Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Pembelajar. Penikmat Filsafat. Pemerhati SepakBola. Penonton Politik. Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola

Siapa Paling Impresif ?

20 November 2019   05:56 Diperbarui: 20 November 2019   15:07 0 0 0 Mohon Tunggu...

Sembilan pertandingan di Grup C, Grup E, Grup G, dan Grup I yang berlangsung dini hari tadi (20/11) mengakhiri babak kualifikasi Piala Eropa 2020. Dengan demikian jelas sudah 20 tim yang berhak melaju ke putaran final Piala Eropa 2020. 

Mereka adalah Inggris dan Republik Ceko mewakili Grup A. Ukraina dan Portugal mewakili Grup B. Jerman dan Belanda mewakili Grup C. Swiss dan Denmark mewakili Grup D. 

Kroasia dan Wales mewakili Grup E. Spanyol dan Swedia mewakili Grup F. Polandia dan Austria mewakili Grup G. Perancis dan Turki mewakili Grup H. Belgia dan Rusia mewakili Grup I. Terakhir, Italia  dan Finlandia mewakili Grup J. 

Berdasarkan penampilan di babak kualifikasi diantara ke-20 tim di atas, siapa yang tampil paling impresif ? Hal ini bisa dilihat dari beberapa hal, seperti jumlah kemenangan, produktifitas gol, dan rata-rata gol tiap pertandingan. 

Tim yang paling "sempurna" meraih kemenangan adalah Italia dan Belgia. Kedua tim itu mencetak kemenangan 100 persen tanpa pernah seri atau kalah sekali pun. Dengan begitu keduanya tidak pernah kehilangan satu poin pun dan keduanya memperoleh poin maksimal. Di bawah mereka ada Inggris dan Jerman yang sempat kehilangan 3 poin. Setelah Inggris dan Jerman ada Ukraina, Spanyol, Belanda, Polandia, dan Perancis. Kelimanya "hanya" kehilangan 4 poin selama babak kualifikasi grup.

Selanjutnya dalam hal produktifitas gol. Belgia adalah tim yang paling produktif mencetak gol, yakni sebanyak 40 gol, dengan selisih gol 37. Disusul oleh Italia 37 gol, dengan selisih gol 33. Selanjutnya ada Inggris, sama dengan Italia 37 gol tapi selisih gol lebih sedikit yakni 31 gol. Berikutnya ada Rusia 33 gol, dengan selisih gol 25. Spanyol membuntuti Rusia sebanyak 31 gol, dengan selisih gol 26. Di bawah Spanyol ada Jerman 30 gol, dengan selisih gol 23. Selain mereka, tim lain memiliki produktivitas gol berada di bawah angka 30 gol dan selisih golnya lebih sedikit.

Sedangkan jika dilihat dari rata-rata gol yang dicetak tiap pertandingan, Inggris berada di urutan teratas dengan 4,62 gol per pertandingan. Belgia berada di belakang Inggris dengan rata-rata 4,00 gol per pertandingan. Selanjutnya ada Italia dengan rata-rata 3,70 gol per pertandingan. Di bawah Italia ada Rusia dengan rata-rata 3,30 gol per pertandingan. Setelah Rusia ada Spanyol dengan rata-rata 3,10 gol per pertandingan dan Jerman dengan rata-rata 3,00 gol per pertandingan.

Dengan demikian jika diurutkan 3 tim teratas yang paling impresif dari jumlah kemenangan yang mereka cetak, adalah Italia, Belgia, dan inggris. Kemudian 3 tim yang paling impressif dari produktifitas gol adalah Inggris, Belgia, dan Italia. Sedangkan 3 tim yang paling impresif dari rata-rata gol yang dibuat per pertandingan adalah Inggris, Belgia, dan Italia.

Cukup menarik. Dilihat dari jumlah kemenangan, produktifitas gol, dan rata-rata gol tiap pertandingan ada 3 tim yang sama yang selalu disebut dan masuk 3 besar. Yakni Italia, Belgia, dan Inggris. Apakah mereka calon kuat juara Piala Eropa 2020 ? Kitu tunggu saja nanti.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x