Mohon tunggu...
Wiwin Zein
Wiwin Zein Mohon Tunggu... Pembelajar. Penikmat Filsafat. Pemerhati SepakBola. Penonton Politik. Non-Partisan.

Tinggal di Cianjur

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siapa Menyusul ke Putaran Final Piala Eropa?

12 November 2019   22:59 Diperbarui: 13 November 2019   20:35 0 0 0 Mohon Tunggu...

Saat ini baru ada enam tim yang sudah memastikan diri lolos masuk putaran final Piala Eropa yang akan dilangsungkan pada tanggal 12 Juni sampai 12 Juli 2020 di 12 kota di 12 negara Eropa. Mereka adalah Belgia (Grup I), Italia (Grup J), Ukraina (Grup B), Rusia (Grup I), Polandia (Grup G), dan Spanyol (Grup F). Putaran final Piala Eropa 2020 sendiri akan diikuti oleh 24 tim. Sebanyak 20 tim berasal dari babak kualifikasi. Sedangkan 4 tim tersisa berasal dari jalur UEFA Nations League atau Liga Negara Eropa.

Babak kualifikasi Piala Eropa 2020 tinggal menyisakan 2 pertandingan untuk tiap grup. Pertandingan sisa grup akan dimulai pada tanggal 15 Nopember 2019 dan terakhir pada tanggal 20 Nopember 2019. Setelah itu, akan diketahui 14 tim sisa dari 20 tim yang akan lolos ke putaran final Piala Eropa 2020. Siapakah 14 tim itu ? Melihat posisi di klasemen masing-masing grup dan pertandingan sisa saat ini, beberapa tim masih memiliki peluang cukup besar. Dari Grup A, belum ada tim yang memastikan lolos. Tetapi satu tiket tersisa hampir dipastikan milik Inggris. Satu tiket lagi diperebutkan oleh Republik Ceko dan Kosovo. Republik Ceko nampaknya lebih memiliki peluang besar untuk mendampingi Inggris daripada Kosovo.

Dari Grup B, satu tiket tersisa akan diperebutkan oleh Portugal dan Serbia. Portugal sepertinya lebih berpeluang daripada Serbia, untuk mendampingi Ukraina dari Grup B. Sebab pertandingan sisa Portugal relatif lebih ringan dibanding Serbia. Sedangkan Serbia, pada pertandingan terakhir harus menghadapi juara Grup B, Ukraina.

Grup C. Sebagaimana Grup A, dari Grup C belum ada tim yang memastikan lolos. Tetapi dari grup ini peluang besar lolos dimiliki oleh Belanda dan Jerman. Irlandia Utara memang masih memiliki peluang tapi sangat kecil. Peluang Irlandia Utara sangat tergantung hasil pertandingan lain.

Grup D. Sama halnya dengan Grup A dan Grup C, dari Grup D ini belum ada satu pun tim yang memastikan diri lolos ke putaran final Piala Eropa. Tiga tim, yakni Irlandia, Denmark, dan Swiss masih memilki peluang sama besar. Tetapi nampaknya Denmark dan Swiss lebih berpeluang lolos dibandingkan Irlandia. Selain karena tinggal menyisakan satu pertandingan sisa, peluang Irlandia lebih kecil dibanding Denmark dan Swiss, juga dikarenakan di  pertandingan terakhir harus menghadapi Denmark.

Grup E. Setali tiga uang, dari Grup E juga sama dengan Grup A, C, dan D belum ada tim yang memastikan lolos. Tiga tim, yakni Kroasia, Hungaria, dan Slovakia masih memilki peluang sama besar. Pertandingan penentu adalah antara Kroasia dan Slovakia (17 Nopember). Pemenang pertandingan ini kemungkinan akan menjadi tim yang lolos. Tetapi melihat rekor pertemuan head to head antara Kroasia vs Slovakia, Kroasia unggul jauh dari Slovakia. Dari 14 kali pertemuan, Kroasia menang 9 kali, seri 2 kali, dan kalah hanya 3 kali. Dengan demikian Kroasia lebih berpeluang lolos daripada Slovakia. Sedangkan Hungaria relatif lebih aman karena pada pertandingan tersisa hanya akan berhadapan dengan tim runner up juru kunci, Wales.   

Kemudian dari Grup F, tim yang berpeluang mendampingi Spanyol yang sudah dipastikan lolos adalah Swedia dan Romania. Tetapi Swedia nampaknya lebih berpeluang lolos dibandingkan Romania. Selain posisi Swedia sekarang runner up grup F, juga karena pertandingan sisa yang dimiliki Swedia relatif lebih ringan daripada Romania. Pada pertandingan terakhir Romania harus berhadapan dengan Spanyol, sedangkan Romania hanya berhadapan dengan tim lemah Kepluauan Faroe.

Grup G. Dari Grup G, sepertinya tidak sulit menebak tim mana yang akan lolos mendampingi Polandia. Austria sangat pantas dan sangat mungkin lolos. Austria hanya butuh tambahan nilai satu dari 2 pertandingan sisa. Sedangkan tim pesaing di bawahnya Macedonia Utara, Slovenia,dan Israel membutuhkan tambahan nilai 6. Peluang pesaing Austria sangat berat.

Grup H. Tiket ke putaran final Piala Eropa dari Grup H hampir pasti disegel oleh Turki dan Perancis. Keduanya memiliki nilai yang sama, 19. Sedangkan pesaing terdekat mereka Islandia terpaut 4 angka lebih kecil.

Grup I. Grup ini adalah grup yang sudah tidak menyisakan tiket untuk tim lain. Belgia dan Rusia sudah menyegelnya sebelum babak kualifikasi selesai.

Terakhir Grup J. Tim yang sangat pantas dan sangat berpeluang mendampingi tim Azzuri Italia adalah Finlandia. Sebab Finlandia yang berada di posisi runner up grup hanya butuh tambahan nilai satu saja. Sedangkan pesaing di bawahnya, Bosnia dan Armenia butuh tambahan nilai 6. Sangat  berat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN