Tahukah kamu jika tulisan yang kamu buat bisa di monetisasi? Ya, monetisasi adalah proses pertukaran nilai dari suatu konten yang kamu buat menjadi sejumlah uang, khususnya tulisan yang kamu muat dalam sebuah website.
Sayangnya, sebagai penulis atau pemilik website banyak yang belum memahami proses sebuah website bisa dimonetisasi, salah satu elemen krusial adalah 'Niche'.
Memilih niche yang tepat sangat memengaruhi potensi monetisasi, maka penting untuk seorang penulis atau content writing mengerti 'niche' sehingga mampu memproduksi tulisan yang relevan.
 Apa itu 'niche'?
Secara umum, niche atau ceruk pasar adalah segmen spesifik yang menjadi fokus utama dari suatu bisnis. Dalam konteks tulisan di website, niche mengacu pada topik atau industri khusus yang difokuskan oleh penulis untuk membangun keahlian, kredibilitas, dan keterlibatan pembaca.
Contoh niche dalam website, seperti beautyjournal.id yang membahas kecantikan (skincare, kosmetik, dan lainnya), ternakuang.id yang membahas tentang finansial, atau fimela sebagai website dengan niche seputar wanita.
Lantas, bagaimana dengan kompasiana? Kompasiana didesain sebagai platform blog yang menampung semua ide penulisan dan mengembangkan interaksi antar penulis, yang disebut sebagai kompasianer.
Tentu kamu pasti bertanya, kenapa kompasiana dapat menampung semua ide penulisan bukan fokus pada niche tertentu? Karena environment dan tujuan dari website kompasiana itu sendiri. Jadi, jika kamu memiliki website baru dengan resources yang terbatas, penentuan niche sangat diperlukan.
Harapannya dengan memiliki niche, seorang penulis dapat membuat konten menarik bagi pembaca yang sesuai dengan target, peningkatan kepercayaan, membangun keterlibatan, bahkan mengarahkan untuk melakukan transaksi atau peluang monetisasi yang lebih baik.
Tidak hanya untuk tulisan, namun menentukan niche juga penting dalam segala aspek karena berhubungan dengan 'branding' yang ingin kamu bangun.Â
Misalnya, jika kamu ingin menjadi affiliator dari produk kecantikan, tentu kamu harus membuat konten skincare atau kosmetik secara konsisten sesuai niche sehingga 'calon pembeli' bisa percaya dengan apa yang kamu jual, bukan? Jadi, itulah pentingnya menentukan niche.
Baca juga: Apa itu SEO? Tingkatkan Visibilitas Artikel dengan Konten User Friendly Berkualitas