Mohon tunggu...
Wahyu Triyani
Wahyu Triyani Mohon Tunggu... Penulis - Blogger

Happy Wife, Happy Mom, Blogger, and Author

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Tingkatkan Perekonomian Rakyat Melalui Kerajinan Gerabah di Desa Wisata Karanganyar Magelang

7 November 2022   20:45 Diperbarui: 7 November 2022   20:49 109
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ketika mendengar nama kota Magelang, apa yang ada dalam benak teman-teman? Borobudur? Nepal Van Java? Gunung Merapi? Gereja Ayam? Atau Puthuk Setumbu?

Magelang. Sebuah kota yang berada di antara jalur Semarang-Jogjakarta. Berada di sebuah barat kota Boyolali. Sebuah kota yang menyimpan banyak potensi desa wisata. Dan salah satunya adalah Desa Wisata Karanganyar, Magelang.

Desa Wisata Karanganyar, Magelang adalah sebuah desa wisata ramah berkendara yang letaknya berada di sebelah barat Candi Borobudur dan hanya berjarak 3 km saja dari Candi Borobudur. Desa Wisata Karanganyar ini memiliki 24 desa wisata. Desa Wisata Karanganyar ini masuk dalam kategori 50 desa wisata terbaik dan juga desa wisata Indonesia bangkit. Dan di Desa Wisata Karanganyar ini, kita bisa loh berkeliling desa menggunakan sepeda onthel maupun andong.

Sementara untuk sebutan Desa Wisata Ramah Berkendara itu sebenarnya adalah sebuah penghargaan yang diberikan Adira Finance dalam program Festival Kreatif Lokal atau FKL.

Festival Kreatif Lokal atau FKL adalah sebuah program untuk memulihkan ekonomi Indonesia melalui sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Dan pada program FKL ini, komunitas Adira Finance akan melakukan eksplor potensi wisata dibeberapa wilayah yang ada di Indonesia. Salah satunya desa wisata Karanganyar, Magelang.

Potensi Desa Wisata Karanganyar, Magelang

Memangnya, apa yang menarik dari Desa Wisata Karanganyar, Magelang? Mengingat di Indonesia ini banyak sekali desa wisata yang menawarkan beragram keindahan alam, budaya, kuliner, maupun produk UMKM-nya.

Yang menjadi unggulan dari Desa Wisata Karanganyar, Magelang adalah kerajinan gerabah, kerajinan bambu, budidaya kambing etawa. Selain itu, ketika kita mengunjungi desa wisata Karanganyar, kita juga akan disuguhi dengan panorama alam yang sangat indah. Dan di Desa Wisata Karanganyar, Magelang, kita juga bisa menyaksikan pemandangan yang menawan saat matahari terbit (Sunrise) dari arah Candi Borobudur dan diantara  Gunung Merapi dan Gunung Merbabu.

Desa wisata Karanganyar, Magelang menyuguhkan beragam wisata unggulan dan wisata edukasi. Tetapi ada satu yang menarik dari Desa Wisata Karanganyar, Magelang yaitu kerajinan gerabah.

@witri_nduz
@witri_nduz

Kerajinan gerabah di Desa Wisata Karanganyar, Magelang ini berpusat di dusun Klipoh. Bahkan kerajinan gerabah di dusun Klipoh ini sudah ada sebelum Candi Borobudur dibangun. Sudah lama sekali, ya?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun