Mohon tunggu...
Wistari Gusti Ayu
Wistari Gusti Ayu Mohon Tunggu... Saya seorang guru

Guru adalah profesi yang mulia, saya bangga menjadi guru

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Promo Tanggal Merah, Belanja Pakai Kartu Debit atau Kartu Kredit?

18 Agustus 2019   12:55 Diperbarui: 18 Agustus 2019   14:27 47 7 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Promo Tanggal Merah, Belanja Pakai Kartu Debit atau Kartu Kredit?
Kartu Kredit. Dokpri.

Hari kemerdekaan RI salah satu momen pas bagi pusat perbelanjaan untuk mengadakan promo atau diskon untuk berbagai barang, mulai dari alat rumah tangga, buku dan tentu saja bagi wanita yang diburu adalah pakaian.

Di Bali, tidak hanya di hari kemerdekaan, karena di Bali mayoritas penduduk beragama Hindu, maka setiap menjelang hari Raya seperti Galungan, Nyepi, Pagerwesi akan ada diskon besar-besaran di setiap pusat perbelanjaan. Ditambah lagi, hari raya agama lain, yaitu Idul Fitri, Imlek, Natal dan Tahun Baru. Jadi di Bali akan sering sekali terlihat ada promo.

Contohnya di Bulan Juli adalah hari Raya Galungan, berlanjut awal Agustus hari raya Kuningan dan pertengahan Agustus menyambut Hari kemerdekaan. Sebagai ibu rumah tangga harus mampu menahan godaan untuk belanja karena banyaknya promo.

Ketika sudah memasuki pusat perbelanjaan kadang hati mudah tergoda, contoh saja, ketika saya bertujuan membeli buah-buahan dan bermacam kue untuk hari raya kemarin, namun tiba-tiba melirik diskon di tempat pakaian dan sandal wanita.

Jadi harus siap-siap mensiasati memakai uang tunai, kartu debit ataukah kartu kredit. Terus terang jika memakai uang tunai yang sebelumnya sudah ditarik dari ATM, berbelanja akan lebih hemat. Sehingga saya sering mampir di ATM sebelum berbelanja. Berbelanja akan mudah direncanakan. Tentu saja direncanakan sesuai dengan uang yang ada di dompet.

Namun ketika kita tidak sempat mampir di ATM, pasti akan menggunakan kartu debit atau memilih memakai kartu kredit. Namun pasti ada bedanya, menggunakan kartu debit tidak membuat kita berhutang, kita bisa berbelanja sesuai isi saldo rekening kita, tidak ada cicilan dan tidak ada denda, namun jika kita hanya memiliki satu rekening, bahkan rekening tersebut juga merupakan tempat dana cadangan bagi kita, harus berhati-hati juga, jangan sampai semua habis karena promo.

Bedanya dengan kartu kredit, biasanya dengan menggunakan kartu kredit banyak promo atau diskon yang didapat, selain itu mendapat reward atau cashback dan poin ataupun juga hadiah langsung. Dengan kartu kredit kita bisa berbelanja sekarang namun bayar belakangan. 

Sebagai contoh, mungkin saja bulan ini karena belum memiliki uang yang cukup untuk membeli suatu barang, namun kita sangat menginginkannya, saat itu dengan kartu kredit semua bisa teratasi. Namun dengan kartu kredit kita wajib membayar cicilan bahkan mungkin denda.

Nah, dengan begitu memang benar rasanya jika dikatakan hidup itu pilihan, karena semua tergantung pada diri kita sendiri, mau memilih pembayaran dengan kartu debit atau kredit. Karena masing-masing ada kelebihan dan ada kekurangannya.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x