Mohon tunggu...
wisnu gautama
wisnu gautama Mohon Tunggu... Lainnya - Sehat selalu

halo

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Membiasakan Diri dengan Budaya Organisasi dan Alasan Penting di Balik Sebuah Budaya Organisasi

18 Agustus 2021   05:47 Diperbarui: 18 Agustus 2021   05:48 810
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumber foto: https://hrexecutive.com/is-it-time-for-a-culture-check-up/

Kita ketahui bahwa dalam suatu perusahaan tentu memiliki suatu budaya, dimana budaya ini bisa berbeda antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, budaya yang berbeda antar divisi ataupun budaya yang berbeda karena memiliki sosok pemimpin yang berbeda pula, dimana karena adanya budaya yang berbeda ini seorang pekerja yang baru saja masuk dalam perusahaan baru, atau mugkin dirinya dipindah cabang atau dipindah dari divisi yang lain akan merasa tertekan dan kaget akan perubahan yang terjadi, sehingga disinilah tugas dan peran dari seorang  pemimpin untuk membantu orang tersebut dalam membiasakan diri dari budaya yang ada

Penulis mengambil contoh yaitu perusahaan google, dimana dari beberapa perusahaan yang lain perusahaan google ini dapat dikatakan perusaham yang memiliki culture bekerja dengan santai dan dapat bekerja dimanapun dimana disini karena lingkungan kerja yang santai tersebut akan memberikan kenyamanan dalam bekerja dan mendorong para pekerja mereka untuk menemukan ide ide baru yang cemerlang, contoh lainnya adalah facebook, dimana yang diutamakan dalam perusahaan facebook ini adalah cara bekerja yang kompetitif tetapi tetap memiliki kondisi kerja yang nyaman dimana dari suatu sumber mengatakan bahwa 90 persen pekerja di sana mereka merasa puas bisa bekerja di perusahaan tersebut, lalu apa bedanya dari dua perusahaan tersebut? dari dua perusahaan yang penulis ambil dan gunakan sebagai contoh dapat dilihat adanya perbedaan budaya, dan dari budaya yang berbeda itu meiliki hasil yang berbeda pula, dari sini dapat dikatakan bahwa  alasan pentingnya budaya organisasi ini akan menentukan kualitas kerja serta hasil akhir pekerjaan yang dilakukan sehingga budaya organisasi ini sangatlah penting.

Budaya organisasi ini sangatlah penting agar para pekerjanya dapat bekerja seefektif dan semaksimal mungkin dimana artinya setiap pekerja harus mampu untuk beradaptasi dan bekerja mengikuti budaya tersebut, lalu bagaimana ketika ada pekerja yang tidak bisa membiasakan dirinya, langkah apa yang pemimpin harus  ambil

Langkah pertama yang harus pemimpin ambil adalah lakukan komunikasi terbuka, pemimpin harus menjelaskan bagaimana budaya organisasi nya bekerja, dengan adanya keterbukaan dengan jelas pekerja tersebut tahu bagaimana budaya tersebut bekerja, apa yang harus dirinya lakukan dan persiapkan untuk hadapi

langkah kedua ini adalah gunakan pendekatan secara kekeluargaan atau secara halus, cara ini digunakan karena agar seseorang mau untuk membuka diri dan menerima sesuatu dia harus yakin bahwa apa yang akan dirinya terima tersebut aman dan tidak memberikan ancaman pada dirinya, sehingga ketika dia merasa nyaman dan cocok maka dengan perlahan dirinya akan bisa untuk terbiasa dengan budaya organisasi tersebut

langkah ketiga adalah ciptakan kesetaraan dalam bekerja, di dalam suatu perusahaan bisa saja kita temukan bahwa adanya sebuah senioritas di dalam bekerja, terkadang karena adanya senioritas ini maka pekerja baru akan merasa takut untuk bekerja karena takut ditindas, oleh karena itu merupakan tugas pemimpin untuk menciptakan kesetaraan dalam bekerja dan melindungi mereka dari tindakan yang tidak diharapkan untuk terjadi

langkah keempat adalah coba nilai pekerja secara objektif, terkadang dalam bekerja ada saja dimana pemimpin yang menilai seseorang secara subjektif sehingga ketika pekerja tersebut tidak cocok dengan sang pemimpin beserta yang lainnya akan menjauhi dirinya, sehingga usahakanlah bagi kita sebagai pemimpin untuk menilai dengan kualitas kerjanya bukan menilai individunya

Langkah keempat berikan suasana bekerja yang penuh toleransi , suasana bekerja yang toxic dan intoleran akan membuat pekerja semakin tidak bisa menerima budaya organisasi yang adam jika adanya toleransi di dalamnya dan saling menghargai maka akan mempermudah bagi seseorang yang tidak mau menerima budaya organisasi tersebut agar bisa untuk menerimanya

Sekian artikel dari penulis mengenai pentingnya sebuah budaya organisasi dan beberapa langkah yang bisa digunakan agar seseorang mau menerima budaya organisasi yang ada, sekian artikel dari penulis jika ada saran ataupun komentar bisa dberikan pada kolom komentar, Terimakasih

Salam hangat 

penulis

Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun