Mohon tunggu...
Raden Muhammad Wisnu Permana
Raden Muhammad Wisnu Permana Mohon Tunggu... Lainnya - Akun resmi Raden Muhammad Wisnu Permana

Akun resmi Raden Muhammad Wisnu Permana. Akun ini dikelola oleh beberapa admin. Silakan follow akun Twitternya di @wisnu93 dan akun Instagramnya di @Rwisnu93

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

Mengenal Serial "Smallville", Serial DC Sebelum Adanya DC Extended Universe dan Marvel Cinematic Universe

9 Mei 2021   07:33 Diperbarui: 9 Mei 2021   08:34 2217
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Poster SmallvilleSumber: vistapointe.net

Sebagai seorang yang lahir di tahun 1992, tentu saja saya senang ketika ada topik yang membahas bagaimana asyiknya menghabiskan masa kecil dan masa remaja saya di tahun 90an dan 2000an. Ada begitu banyak kenangan hidup yang tetap saya kenang sampai sekarang. 

Salah satu kenangan tersebut bisa selalu dikenang lewat salah satu serial televisi berjudul Smallville yang tayang pada tahun 2001 dan tamat di tahun 2011. Serial ini adalah saksi hidup saya karena pertama tayang saat saya kelas 3 SD di SCTV dan tamat saat saya kuliah semester tiga.

Jauh sebelum Marvel Cinematic Universe memulai semesta superhero terbaik dengan film Iron Man di tahun 2008, dan jauh sebelum Christopher Nolan membuat trilogy superhero terbaik sepanjang masa, The Dark Knight Trilogy, saya terlebih dahulu menonton serial Smallville yang menceritakan Clark Kent yang diperankan oleh Tom Welling sebelum dia dikenal sebagai Superman.

Smallville ini nama desa fiksi di Kansas, tempat Clark Kent ditemukan keluarga Kent saat mendarat di Bumi setelah dikirim oleh Jor-El dan Lara-El, orang tua kandung Kal-El (Superman) di Planet Krypton.

Empat musim pertama musim ini terkesan monoton dan membosankan tapi tetap menarik untuk ditonton karena saat itu belum banyak serial televisi maupun film bertemakan superhero yang bagus untuk ditonton. Empat musim pertama hanya menceritakan kehidupan Clark Kent saat masih bersekolah di SMA Smallville yang banyak cinta-cintaan dan bucin banget sama Lana Lang.

Yang membuat serial ini begitu spesial adalah ada banyaknya karakter DC seperti para superhero DC yang terlibat disini seperti Barry Allen (Flash), Oliver Queen (Green Arrow), Arthur Curry (Aquaman), Victor Stone (Cyborg) dan juga para penjahat DC seperti Lex Luthor, General Zod, Doomsday, hingga Darkseid. Serial Smallville ini membuat saya jatuh cinta dengan semesta DC karena saat itu akses untuk membaca komik DC masih sangat sedikit dan harganya sangat mahal bagi saya.

Jauh sebelum Marvel Cinematic Universe membuat banyak superhero dan para penjahat serta karakter lainnya dalam satu semesta yang sama, serial Smallville ini melakukannya terlebih dahulu dengan membuat banyak sekali aksi para superhero DC ini bertempur bersama-sama melawan para penjahat dan menyelamatkan dunia. Hanya kurang Bruce Wayne sebagai batman dan Diana Prince sebagai Wonderwoman saja karena permasalahan lisensi sehingga tidak ditampilkan disini.

Saya suka sekali dengan serial ini dan mengkoleksi seluruh DVDnya sejak saya SMP. Serial ini sebetulnya sama saja dengan serial DC atau serial Marvel lainnya seperti serial Arrow, The Flash, Supergirl, Agents of S.H.I.E.L.D. dan Agent Carter. Tapi tumbuh dengan menonton serial Smallville dan itu selalu membawa saya kembali ke masa kecil saya setiap kali saya menontonnya lagi.

Sebagai sebuah serial, Smallville juga menceritakan kegalauan Clark Kent yang merasa berbeda sejak lahir karena ia merupakan alien dari Planet Krypton. Di sini terlihat bahwa Clark Kent cukup beruntung karena diadopsi oleh Keluarga Kent. 

Di sini Keluarga Kent mendidik Clark Kent dengan keras agar tidak sembarangan menggunakan kekuatannya. Bahkan saat dihadiahi mobil oleh Lex Luthor karena menyelamatkan nyawanya, Jonathan Kent menyuruh Clark Kent untuk mengembalikan hadiah itu pada Lex Luthor agar dia tidak hidup dengan cara mengemis pada orang lain selain karena Jonathan Kent menganggap Keluarga Luthor sebagai konglomerat yang kotor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun