Mohon tunggu...
Wisato Indonesia
Wisato Indonesia Mohon Tunggu... https://wisato.id/

Bingung cari tempat berlibur? Yuk, kunjungi www.wisato.id untuk melihat rekomendasi wisata alam dari ratusan daerah di Indonesia dan rencanakan liburan mu dari sekarang!

Selanjutnya

Tutup

Travel

5 Tempat Wisata Keren di Tapanuli Utara

12 Juni 2019   07:45 Diperbarui: 12 Juni 2019   07:47 0 0 0 Mohon Tunggu...
5 Tempat Wisata Keren di Tapanuli Utara
Sumber: Instagram @horastapanuliutara

Tapanuli Utara yang beribukota di Tarutung memiliki cukup banyak objek pariwisata, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata religi dan berbagai jenis wisata yang lain.  Karena itu tidak salah jika kabupaten yang merupakan bagian dari Provinsi Sumatera Utara ini menjadikan sektor pariwisata sebagai salah satu sumber potensial dalam mengeruk PAD (Pendapatan Asli Daerah).Diantara sekian banyak objek wisata tersebut, inilah 10 tempat wisata keren yang ada di Tapanuli Utara. 

1.Kawah Sipoholon

Objek wisata ini merupakan pemandian air panas yang berada di Kelurahan Situmeang Habinsarang, Kecamatan Sipoholon. Daya tarik dari Kawah Sipoholon terpancar dari dua sumber mata air panas yang posisinya berdampingan, dengan lubang yang tidak seberapa besar. 

Keduanya seolah berpacu untuk mengeluarkan air dari dalam tanah dan air tersebut mengalir membentuk sungai yang sebagian dibuatkan kolam untuk selanjutnya dijadikan sebagai pemandian air panas. Cukup banyak wisatawan yang berkunjung ke Kawah Sipoholon setiap harinya, baik untuk relaksasi, terapi maupun ingin menikmati sensasi mandi di kolam alam dengan suhu air yang hangat.

2. Pemandian Air Panas Tamaro 

Sama halnya dengan Kawah Sipoholon, objek wisata ini memanjakan pengunjung dengan kolam air panasnya. Bedanya, jika kolam yang dimiliki Kawah Sipoholon dibalut oleh keindahan pemandangan alam, maka Pemandian Air Panas Tamaro kolamnya tidak berbeda jauh dengan kolam pemandian pada umumnya. 

Tidak butuh ongkos yang mahal untuk dapat menikmati sensasi mandi air hangat bercampur belerang di kolam yang ada di Desa Hutabarat, Kecamatan Tarutung ini, karena harga tiket masuk hanya Rp.5.000. 

3. Pemandian Air Soda Parbubu 

Pemandian yang satu ini wajib dikunjungi, karena yang namanya pemandian air soda, hanya ada 2 di dunia, satu berada di Venezuela, satunya lagi ada di Desa Parbubu, Kecamatan Tarutung, Sumatera Utara. 

Berbeda dengan kolam pemandian pada umumnya, kolam air soda mengeluarkan gas dari dasar kolam yang membentuk buih-buih dan gelembung udara saat gas tersebut keluar dari permukaan air. Hal inilah yang membuat mereka yang berenang di kolam air soda tidak akan tenggelam meskipun tidak bisa berenang.

4. Pulau Sibandang

Sumber: Instagram @zakaregar
Sumber: Instagram @zakaregar
Selain Samosir, pulau lain yang banyak dikunjungi wisatawan saat berkunjung ke Danau Toba adalah Pulau Sibandang yang menjadi bagian dari wilayah Kecamatan Muara. 

Pulau yang juga dikenal dengan sebutan Pulau Mangga karena bentuknya yang mirip dengan buah mangga ini memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki lanskap yang menyejukkan mata lewat hijaunya pepohonan, bebatuan dan tentunya hamparan air Danau Toba.

5. Huta Ginjang

dokpri
dokpri

Tempat inilah yang pernah dikunjungi Presiden Joko Widodo saat menikmati keindahan Danau Toba. Berada pada ketinggian 1.550 meter dpl, Huta Ginjang yang memiliki arti Kampung Tinggi, memang menjadi tempat yang tepat untuk melihat lanskap Danau Toba dari atas ketinggian. 

Selain menghadirkan panorama yang indah, tempat ini juga menyediakan sarana bagi mereka yang ingin memacu adrenalin lewat olahraga paralayang. Terbang di atas hamparan air Danau Toba, tentunya akan menjadi pengalaman indah yang tidak akan terlupakan sepanjang hidup.