Mohon tunggu...
Ade Bagus Kurniawan
Ade Bagus Kurniawan Mohon Tunggu... Si Tukang Dolan berbagai Tempat Wisata Pemalang

Saya adalah seorang tukang dolan/penjelajah alam sekitar pemalang, termasuk tempat wisata pemalang

Selanjutnya

Tutup

Travel

Alun-alun Pemalang, Tempat Rekreasi dan Wisata Kuliner Kab. Pemalang

20 Juli 2019   22:09 Diperbarui: 20 Juli 2019   22:15 0 1 0 Mohon Tunggu...

Alun-alun Pemalang berlokasi di Pusat kota pemalang. Lokasi yang cukup strategis ini menyebabkan alun-alun Pemalang menjadi pusat rekreasi untuk berlibur bagi segala kalangan usia baik anak-anak, remaja, maupun orang tua , bahkan kakek nenek bisa berlibur ketempat ini baik dalam kondisi terang benderang maupun gelap gulita. 

Alun-alun pemalang diapit oleh beberapa desa antara lain pelutan dan kebondalem. Di sebelah selatan alun-alun Pemalang terdapat sebuah kantor bupati Pemalang (Kabupaten) serta di sebelah utara terdapat pusat kuliner khas Pemalang (Nasi Grombyang, Lontong Dekem, Lotek, dll), disebelah timur alun-alun pemalang terdapat gor tempat olahraga, sedangkan di sebelah barat alun-alun pemalang terdapat sebuah masjid Agung Pemalang, Di sebelah tenggara Alun-alun Pemalang terdapat Rumah Tahanan (Lapas). 

Mengulas sedikit tentang Alun-alun Pemalang yang saya tau, Alun-alun Pemalang selama hidupku sudah mengalami beberapa perubahan. Waktu dulu sekitar tahun 2001 Alun-alun Pemalang hanya terdiri dari lapangan (Taman yang luas), 

Patung Jenderal Sudirman, dan Beberapa pohon yang rindang. Kemudian Setelah tahun 2005 Pemerintah Kabupaten Pemalang Merombak alun-alun Pemalang dengan meninggikan lantai yang ada di pinggiran Alun-alun Pemalang (Kurang Lebih tingginya 60 cm) serta menambah batako di dalamnya. 

Pada Tahun 2017-Sekarang Alun-alun Pemalang di rombak lagi yaitu memindahkan patung jenderal sudirman ke depan swalayan serta menggantinya dengan patung icon Pemalang yaitu Nanas Madu Belik, ditambah lampu-lampu hias, kolam ikan di sekitar patung nanas, taman bermain anak-anak (Ayunan, Jungkat jungkit dan tempat duduk), dan nama yang bercahaya Bertuliskan Alun-alun Pemalang Terpampang jelas di depan Alun-alun. Kalian Bisa mengeceknya sendiri sekarang.

Ngomongin tentang Alun-alun Pemalang, Ternyata ada yang unik nih disini. Setiap hari minggu terdapat sebuah acara yang tentunya tidak asing lagi buat kalian semua. 

Acara ini khusus ada di hari minggu yaitu banyak sekali pedagang yang menjajakan dagangannya disini, emak-emak muda atau emak-emak tua bahkan bapak-bapak bisa berolahraga disini dengan senam dipandu oleh instruktur senam. 

Kalian yang hobi makan sampai baju tidak muat karena terlau lebar bisa coba kesini untuk olahraga bersama (habis olahraga langsung makan). Kemudian waktu menjelang magrib di sebelah utara Pemalang ada sebuah tempat wisata kuliner yang bisa kalian kunjungin dan wajib mencobanya. 

Maaf bukan promosiin dagangan orang, cuma mau mengenalkan kotaku ke kalian semua. Kulanjut lagi nih, Jadi di sebelah utara pada waktu senja sampai malam terdapat tenda-tenda yang menjajakan makanan dan minuman khas Pemalang. 

Banyak wisatawan yang berkunjung kesini hanya untuk mencicipi lezatnya makanan tersebut yaitu Nasi Grombyang, Lontong Dekem, Lotek, Dll. Jangan lupa bawa uang banyak karena walaupun harga terjangkau tetapi bikin ketagihan. 

Di atas Sudah aku jelaskan bahwa di sebelah timur Alun-alun Pemalang terdapat sebuah tempat khusus untuk olahraga (GOR Kridanggo). Kalian bisa maen futsat, bulu tangkis, voli disini. Kemudian di sebelah barat Alun-alun terdapat sebuah Masjid Agung Pemalang. Kurasa tidak perlu di jelaskan tentang Masjid ini karena dimanapun tempatnya sebuah masjid hanya untuk beribadah dengan baik.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2