Mohon tunggu...
S. Wisantya Prabastara
S. Wisantya Prabastara Mohon Tunggu...

(Ingin jadi) ekonom

Selanjutnya

Tutup

Bola Artikel Utama

Harga yang Semakin Mahal Pasca Pesta Bola

20 Juli 2018   08:00 Diperbarui: 21 Juli 2018   03:58 0 1 0 Mohon Tunggu...
Harga yang Semakin Mahal Pasca Pesta Bola
(businessinsider.com)

Piala dunia 2018 sudah resmi berakhir, kini para pemain akan kembali memperisapkan diri untuk musim kompetisi 2018/2019. Klub top Eropa pun berbenah diri mempersiapkan skuad dalam bursa transfer musim panas yang sudah dibuka sejak awal Juni kemarin sampai akhir Agustus (kecuali Liga Inggris yang sudah membuka bursa sejak tengah Mei sampai awal Agustus).

Baru-baru ini, salah satu mega bintang Real Madrid dan Portugal, Cristiano Ronaldo resmi diperkenalkan oleh klub asal Serie A Italia, Juventus dengan nilai transfer mencapai 100 juta euro, gaji 30 juta euro per tahun selama 4 tahun. Harga transfer ini naik 6 juta euro sejak kepindahannya dari Manchester United (MU) ke Real Madrid 9 tahun lalu, yang memecahkan rekor transfer pemain termahal saat itu.

Sebetulnya, jika membandingkan harga transfer Ronaldo dengan nilai pasar Ronaldo saat itu, Real Madrid membayar MU lebih besar 26 juta euro.

Begitu pula dengan pemegang harga transfer termahal dunia saat ini, Neymar, Kepindahannya Agustus tahu lalu dari Barcelona FC ke Paris Saint Germain (PSG), Prancis dengan harga mencapai 222 juta euro dan gaji sebesar 36,8 juta euro per tahun dinilai oleh beberapa pengamat sedikit overpriced jika dibandingkan dengan harga pasar dari Transfermarkt yang 'hanya' 100 juta euro saat itu.

Perlu diingat, bahwa ada perbedaan mendasar antara nilai dan harga, singkatnya "Price is what you pay, and value is what you get" jadi karena nilai sebuah aset tergantung dari persepsi pasar, dan harga adalah dari kesepakatan anatara pembeli dan penjual dan faktor-faktor lain yang mempengaruhinya dalam negosisasi klub.

Dalam teori ekonomi tenaga kerja dikenal istilah Superstar Phenomenon dimana orang-orang bertalenta akan mendapatkan upah lebih besar daripada mereka yang 'biasa-biasa' saja. Fenomena ini disebabkan oleh talenta yang tidak mudah disubstitusikan dan baik kita dan pemilik-pemilik klub tersebut sebagai penikmat talenta-talenta, menginginkan yang terbaik, maka mereka yang sangat bertalenta itulah yang beruntung bisa mendapatkan upah yang besar. Inilah yang menyebabkan para mega bintang baik di sepak bola, basket, atau industri musik memiliki harga dan nilai yang fantastis.

Kembali ke piala dunia, ajang ini sering menampilkan bakat-bakat baru dalam dunia sepak bola dan juga sebagai ajang unjuk gigi para pemain untuk meningkatakn valuasinya di pasar transfer pemain. Sebagai contoh penjaga gawang Korea Selatan, Hyeon-uh Jo yang nilai pasarnya naik 200 persen setelah piala dunia 2018, data dari transfermarkt memperkirakan penjaga gawang berusia 26 tahun tersebut bernilai 1,5 juta euro, sebelumnya pada bulan Desember 2017 nilai pasarnya hanya 500 ribu euro. 

Besar kenaikan ini juga dialami oleh winger timnas Australia, Daniel Arzani yang bermain untuk Melbourne City FC. Kemudian, pemain finalis piala dunia, Ante Rebic dari Kroasia juga mengalami kenaikan 200 persen pasca piala dunia 2018. Pemain Eintracht Frankfurt yang disimpan-pinjamkan oleh Florentina ini sekarang bernilai 30 juta euro dari sebelumnya 10 juta euro.

Kilyan Mbappe, winger juara dunia 2018 ini mencatatkan kenaikan harga pasar juga sebesar 25 persen dari sebelum piala dunia bergulir. Per 16 Juli diperkirakan klub-klub yang menginginkan jasanya harus merogoh kocek minimal 150 juta euro kepada PSG untuk pemain berusia 19 tahun ini. Menjadikan Kilyan Mbappe sebagai pemain termahal dalam skuat piala dunia 2018 Prancis, lebih 30 juta euro dari rekan setimnya Antoine Griezmann, yang juga mengalami kenaikan nilai pasar 20 persen menjadi 120 juta euro. 

Performa impresif dari Eden Hazard di piala dunia 2018 pun berhasil mengkerek harganya menjadi 120 juta euro, naik 10 juta euro ditengah rumor transfernya ke Spanyol. Namun, hal berbeda terjadi pada Robert Lewandowski, Gonzalo Higuain dan Thomas Muller yang sama sama turun nilai pasarnya 5 juta menjadi masing-masing 85 juta euro; 55 juta euro; dan 55 juta euro (5,6 persen; 8.3 persen; dan 8,3 persen)

Banyak faktor yang bisa mempengaruhi nilai dan harga seorang pemain dimata klub disamping performa mereka. Omar Chaudhuri, kepala divisi football intelligence, 21st Club Consultancy, perusahaan konsultan olahraga yang sudah bekerja bagi liga inggris dan liga top dunia, menjelaskan hal lain yang juga masuk akal.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x