Mohon tunggu...
wiro naibaho
wiro naibaho Mohon Tunggu... Wiraswasta

Belajar menulis,

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Sambal Bawang Batak Bikin Rindu Pulang ke Toba

29 April 2019   00:44 Diperbarui: 29 April 2019   00:53 0 13 3 Mohon Tunggu...
Sambal Bawang Batak Bikin Rindu Pulang ke Toba
Ilustrasi (diolah dari tribunnews.com dan cookpad.com)

Sambal bawang Batak. Bagi kita yang berasal dari sekitar Toba dan sudah tinggal jauh diperantauan atau daerah lain. Ada hal-hal yang pasti dirindukan ketika berbicara makanan, salah satunya adalah bawang Batak. 

Bawang Batak yang dikenal dengan lokio, adalah bawang yang biasanya tumbuh di daerah pegunungan. Sehingga ketika saya di Bandung, bawang ini juga pernah saya lihat dijual di pasar tradisional.

bawang batak (cookpad.com)
bawang batak (cookpad.com)
Umumnya dalam makanan khas Batak, penggunaan bawang Batak ini paling sering digunakan untuk memasak ikan mas arsik. Bawang ini dimasukkan ke dalam perut ikan mas ketika dimasak. Setelah matang, rasa bawang ini akan sangat berbeda dari rasa asli bawangnya. Lembut dan sangat enak.

Kerena bawang ini tumbunya sangat mudah dan pengurusaanya tidak terlalu ribet. Penduduk di sekitar Toba sering menanam bawang ini di ladang atau taman-taman dekat rumahnya, hanya untuk sekedar dikonsumsi.

Sehingga ketika memasak, bawang ini lebih sering digunakan untuk sambal seperti halnya penggunaan bawang merah dan bawang putih.

Biasanya sambal bawang sering kita temukan di rumah makan. Namun, bawang yang digunakan adalah bawang merah dan atau bawang putih serta bawang prei.

Bagaimana dengan bawang Batak. Sambal bawang Batak umumnya ditemukan di rumah-rumah (sambal rumahan) di daerah Toba. Sambal ini, mungkin sangat  cocok dengan lidah orang Toba. Atau mungkin juga karena bawang ini gampang tumbuhnya di daerah Toba.

Cara membuat sambal ini sangat sederhana.  Cuma butuh bumbu dapur yang biasanya sudah ada di dapur. Seperti Cabai (tergantung selera cabai jenis apa), tomat, bawang merah dan penyedap rasa.

Pembuatanya juga sangat sederhana. Menyiapkan bawang Batak dengan membersihkan akar dan serabut-serabutnya, disisakan bagian pangkal, lalu dibersihkan. Untuk bawang bataknya tergantung selera, boleh dipenyetin boleh juga tidak.

Cabai, tomat, bawang merah diuleg. Lalu, dimasukkan ke wajan dengan minyak yang sudah dipanaskan. Kemudian bawang Batak yang sudah disiapkan ditambahkan, diaduk-aduk dan tambahkan penyedap rasa.

Orang Batak biasanya penyedap rasanya hanya menggunakan garam dapur. Untuk yang suka menambahkan penyedap rasa yang lain, tergantung selera.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
KONTEN MENARIK LAINNYA
x