Edbert Wiratama
Edbert Wiratama

Seorang Enterpreneur sejati yang merintis bisnis sedari awal dan menikmati segala proses dengan ketekunan dan kesabaran.

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Mengenal Job SPG, Serupa tapi Tak Pernah Sama

1 Maret 2018   14:32 Diperbarui: 24 Juli 2018   15:47 7407 0 0
Mengenal Job SPG, Serupa tapi Tak Pernah Sama
Model SPG Event - Kompasiana

Sales Promotion Girl (SPG) adalah sebuah profesi yang memiliki tugas utama untuk memasarkan produk. Sekilas tugas tersebut susah-susah gampang karena harus mendapatkan hati para pelanggan untuk membeli produk yang ditawarkan. Menjadi SPG harus sabar dan ramah. Karena hal tersebut kunci untuk mendapatkan pelanggan.

Selain SPG juga ada SPB lho. Sales Promotion Boy (SPB) memiliki tugas utama yang sama, yaitu menawarkan produk. Untuk menjadi sales ternyata dilakukan seleksi khusus lho. Tidak sembarang orang bisa menjadi profesi ini. Karena berinteraksi langsung dengan pelanggan, hal pertama yang dibutuhkan dari SPG adalah penampilan.

SPG biasanya identik dengan pakaian terbuka untuk menarik minat pelanggan. Etss, namun ternyata hal tersebut juga tidak terlalu menjamin lho. Penampilan tidak hanya dilihat dari cara berpakaian, tetapi bagaimana cara ia berjalan dan berinteraksi. Dengan kedua hal tersebut dapat mencerminkan kualitas pribadi sebagai SPG.

Terkadang kita sering melihat SPG yang sedikit tidak nyaman menggunakan sepatu heels. Tanpa sadar itu akan mempengaruhi cara jalan mereka. Hal spele tersebut juga akan menjadi penilaian sendiri lho terhadap pelanggan. Jadi, usahakan berpenampilan senyaman mungkin untuk menambah kepercayaan diri Anda sebagai SPG yaah! Menjadi seorang SPG perlu menguasai secara luas produk yang akan dijual. Jangan sampai terlihat gagap dan sulit menjawab pertanyaan pelanggan. Itu akan berdampak hilangnya kepercayaan pelanggan pada produk yang akan dibeli.

Saat mulai bekerja, hindari menggerutu di depan umum. Hal tersebut sangat fatal lho. Akibatnya, dinilai gagal untuk menjadi SPG. Apalagi jika terlihat oleh pelanggan. Mereka akan memberikan penilaian kurang puas terhadap pelayanan penawaran produk. Setelah penampilan, tips sukses untuk mencari SPG adalah pintar berinteraksi. SPG harus mumpuni untuk menjelaskan segala detailnya tentang produk. SPG juga harus menguasai cara penyampaian yang ringan agar pelanggan mudah untuk menyerap informasi yang diberikan. Terkadang bahasa-bahasa ilmiah atau teknis menyulitkan pelanggan untuk menerima informasi. Dalam hal ini, SPG harus tahu istilah lain dari bahasa ilmiah dan teknis tersebut.

Jenis-jenis SPG

Profesi yang bekerja menawarkan produk ini ternyata memiliki berbagai jenis lho, yaitu SPG Event, SPG Reguler, SPG Reguler Event, dan Umbrella Girl.

  • SPG EVENT

Jenis yang pertama adalah SPG Event. SPG Event adalah sales yang bekerja pada saat acara-acara tertentu. Biasanya acara yang membutuhkan jasa SPG Event ini seperti pameran besar yang memiliki stand atau ruang tersendiri. SPG Event bukan profesi tetap. Jika acara selesai berlangsung, SPG Event akan langsung digaji dan setelah itu ia harus mencari lowongan kembali.

Menjadi SPG Event tidak bisa setiap saat. Jika acara selesai, pekerjaan pun diakhiri. Jika ingin melanjutkan sebagai SPG Event kembali dengan perusahaan yang sama, Anda harus sabar menunggu informasi yang akan datang saat perusahaan tersebut mengadakan pameran atau hadir dalam acara pameran.

Namun, sembari menunggu tidak ada salahnya mencari lowongan SPG Event lainnya di perusahaan yang berbeda. Karena pada dasarnya Anda tidak memiliki kontrak tetap pada perusahaan sebelumnya. Jadi, Anda diberikan kebebasan untuk mengeksplor diri sebagai SPG Event di berbagai perusahaan.

SPG Event memiliki macam-macam tugas saat menawarkan produk, salah satunya menyebarkan brosur. Dalam sehari SPG Event diberikan target jumlah brosur yang diberikan. Brosur tersebut harus habis dan sampai pada tangan pelanggan.

Jika brosur diterima dan pelanggan tertarik untuk mengunjungi stand, berikutnya SPG Event menjelaskan ringkas produk yang ditawarkan. Acara pameran tersebut biasanya dilaksanakan di tempat yang memang khusus mengadakan pameran dan mall. SPG Event memiliki waktu bekerja selama 8 jam dengan waktu 1 jam istirahat.

Sedangkan gaji, SPG Event mendapatkan Rp250.000-Rp900.000 tergantung dilihat dari kelas event tersebut. Perlu diketahui Sales Promotion Girl berbeda dengan Sales Girl. Sales Promotion Girl memiliki tugas untuk memberikan pengetahuan tentang produk, sedangkan Sales Girl yang bertugas untuk penjualan produk.

  • SPG REGULER

Jenis kedua adalah SPG Reguler. SPG Reguler justru berbanding terbalik dari SPG Event. SPG Reguler merupakan pekerja tetap yang memang tergabung dalam satu perusahaan. Dapat kita ambil contoh, seperti SPG penjualan baju di mall. SPG tersebut secara inisiatif langsung menanyakan kebutuhan apa yang pelanggan cari atau sebaliknya, pelanggan juga bisa menanyakan produk yang diinginkan.

Menjadi SPG Reguler juga harus siap untuk menerima jadwal kerja yang tidak tetap. Dalam artian, bekerja sesuai jadwal shift yang diberikan. Namun, karena menjadi pekerjaan tetap, SPG Reguler selalu mendapatkan gaji dengan jumlah yang sama setiap bulannya. Gaji yang diterima biasanya setara dengan UMR sesuai kota tempatnya bekerja.

Menjadi bagian SPG Reguler tidak membuat Anda pusing. Karena pekerjaan tetap, Anda tidak perlu lagi mencari lowongan kerja setiap saat. SPG Reguler sudah jelas setiap hari bekerja, sedangkan SPG Event hanya pada saat-saat tertentu.  

Beberapa tugas lainnya yang dilakukan SPG Reguler adalah mengenalkan produk, menghitung dan mendata persediaan barang, menawarkan produk, dan membuat laporan barang yang keluar dan masuk.

Anda dapat menemui SPG di mall, minimarket atau supermarket, department store, dan perkantoran atau pusat perbelanjaan. Sedangkan untuk jam kerja sama seperti dengan SPG Event, yaitu 7 jam kerja dan 1 jam istirahat.

  • SPG REGULER EVENT

Ketiga, SPG Reguler Event. Jasa sales ini bekerja saat ada event yang tidak terlalu besar. Jasa SPG Reguler Event bisa Anda temukan di sebuah mall atau supermarket. Sales ini bekerja pada waktu weekend (Sabtu-Minggu).

Sales ini memiliki tugas mengenalkan produk, menjual, memberikan sampel, brosur, dan lain-lain. Sedangkan perhitungan gaji dilihat dihitung dari lama shift. Lama shift biasanya 6-7 jam kerja. Beberapa perusahaan mengambil jadwal middle shift dari pukul 12.00 -- 20.00 waktu setempat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2