Mohon tunggu...
Wiranto
Wiranto Mohon Tunggu... Mahasiswa KKN (Kuliah Kerja Nyata)

Mahasiswa Pendidikan Matematika UIN Walisongo Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

4 Hal Penting yang Bisa Kamu Dapatkan dari KKN

24 Februari 2021   23:32 Diperbarui: 24 Februari 2021   23:42 68 1 0 Mohon Tunggu...

Ilmu Pengetahuan, Agama Islam telah menjelaskan mengenai kewajiban manusia baik laki-laki maupun perempuan untuk menuntut ilmu. Hal ini dijelaskan melalui hadis nabi Muhammad SAW yang artinya "menuntut ilmu itu adalah wajib bagi muslim laki-laki maupun perempuan". Lalu kapan kita diwajibkan untuk menuntut ilmu? Nabi Muhammad SAW dalam hadis Beliau meminta kepada umatnya untuk terus menuntut ilmu mulai dari buaian (saat masih bayi) hingga liang lahat (meninggal dunia). Sehingga dapat kita simpulkan bahwa menuntut ilmu adalah merupakan kewajiban bagi kita sebagai umat Islam selama kita masih hidup di dunia ini.

Kuliah Kerja Nyata (KKN) Merupakan kesempatan yang besar bagi kita untuk bisa mencari ilmu. Sebab, dengan KKN kita akan disibukan dengan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat dari berbagai macam bidang seperti keagamaan, pendidikan, kesehatan, ekonomi dan masih banyak lagi. Dari semua bidang kegaiatan yang kita laksanakan kita bisa menemukan ilmu pengetahuan baru dari siapapun baik itu dari teman sendiri, warga, senior, dosen pembimbing, maupun narasumber-narasumber lain. Namun semua itu kembali kepada diri kita sendiri sebagaimana besar kemauan kita dan usaha yang kita lakukan untuk mendapatkan ilmu itu. Tapi, yang paling penting sekecil apapun ilmu itu seharusnya tidak boleh kita meremehkannya bahkan menghindari untuk mempelajarinya karena kita tidak akan tahu bahwa suatu saat nanti kita akan membutuhkan ilmu itu. Selain itu, Agama Islam juga telah menjanjikan akan memberikan kemudahan dalam langkah menuju surga bagi siapa saja yang mau melangkahkan kakinya untuk menuntut ilmu.

Pengalaman Bekerja, kata kedua dari kepanjangan KKN adalah "kerja" yang artinya KKN itu merupakan kegiatan perkuliahan yang dijalankan oleh mahasiswa melalui kerja nyata dimana mereka turun secara langsung di lingkungan masyarakat. KKN bisa menjadi sarana yang sangat bagus bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman bekerja karena mau tidak mau kita akan melakukan serangkaian kegiatan yang sudah direncanakan baik secara individu maupun kelompok. Semakin rajin kita bekerja saat KKN maka pengalaman bekerja yang kita dapatkan pastinya akan semakin banyak. Jadi, semuanya kembali kepada diri kita kembali masing-masing seberapa besar kemauan kita untuk mencari pengalaman itu. Namun perlu diingat bahwa pada masa sekarang ini hampir semua hal membutuhkan pengalaman termasuk bekerja.

Relasi atau Hubungan, Kita bisa mendapatkan hubungan dengan siapapun orang yang kita temui meskipun hanya sekedar kenal nama ataupun kenal wajah. Namun hubungan yang seperti itu tidaklah terlalu berarti bagi kehidupan kita karena dalam kehidupan ini kita membutuhkan hubungan yang spesial. Sebagai mahluk sosial, kita membutuhkan adanya interaksi khusus untuk mendapatkan hubungan yang spesial dengan orang lain. Interaksi khusus adalah saat dimana kita bisa berbagi rasa baik itu suka maupun duka dengan orang lain dan dengan inilah kita bisa mendapatkan hubungan yang spesial dengan orang lain baik itu hubungan sebagai teman, sahabat, guru, ataupun hubungan spesial lainnya. Bagi mahasiswa, salah satu kesempatan yang bagus untuk mendapatkan hubungan dengan orang lain adalah dengan melaksanakan kegiatan KKN dari kampus.

KKN merupakan kegiatan perkuliahan melalui kerja nyata sebagai bentuk pengabdian terhadap masyarakat yang dilaksanakan secara bersama-sama dengan satu kelompok atau tim. Dengan melaksanakan kegiatan KKN selama 45 hari secara bersama-sama pasti akan membuat kita menjadi lebih dekat dengan teman satu kelompok kita satu sama lain sehingga nantinya akan menimbulkan suatu hubungan yang spesial. Waktu 45 hari KKN ini seharusnya dapat menjadikan mahasiswa berbagi rasa dengan anggota kelompok yang lain sehingga akan timbul rasa kepedulian satu sama lain dan lahirlah suatu hubungan persahabatan atau mungkin percintaan jika anda beruntung. Selain itu, KKN juga dapat menjadikan kita menjalin hubungan yang lebih dekat dengan masyarakat dan lain-lain.

Cerita Kenangan, Dalam waktu 45 hari selama KKN pastinya ada banyak sekali cerita yang nantinya hanya akan menjadi cerita yang hebat. Cerita suka, sedih, canda, dan tawa yang telah dilalui bersama ini nantinya hanya akan menjadi kenagan indah yang dapat menjadikan kita tersenyum sendiri saat mengingatnya kembali. Jadi, janganlah sia-siakan wakktu 45 hari KKN yang kamu jalani dan semoga sukes.

VIDEO PILIHAN