Mohon tunggu...
WINDY MAUDI
WINDY MAUDI Mohon Tunggu... Akuntan - Universitas Ahmad Dahlan

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Iklan Pond's

31 Juli 2022   00:11 Diperbarui: 31 Juli 2022   00:12 206
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Iklan merupakan media promosi yang sering kita jumpai dimana-mana. Iklan merupakan suatu pesan yang mempromosikan maupun menawarkan produk yang dituju kepada masyarakat melalu suatu media seperti televisi,poster hingga billboard. Iklan merupakan salah satu bentuk dari komunikasi pemasaran dalam memberikan informasi dari suatu produk untuk menarik calon konsumen. Iklan dapat berupa media cetak hingga vidio interaktif , dan sudah menjadi fitur penting dalam marketplace atau penjualan. Salah satu iklan yang sering kita jumpai di televisi maupun di jalan seperti billboard yaitu iklan kecantikan. Salah satu iklan kencantikan yang sering muncul yaitu Pond's. Pond's merupakan salah satu produk perawatan dan kecantikan yang terkenal di Indonesia. Pond's juga merupakan perusahan terbesar dalam bidang perawatan wajah yang berada di naungan perusahaan Unilever. Krim perawatan wajah pond's ini pertama kali ditemukan di Amerika Serikat sebagai obat oleh ilmuan yang bernama Theron T.Pond pada tahun 1846. Produk kecantikan Pond's ini sudah banyak digunakan dan terkenal dimana-mana.  Dengan bentuk promosi yang dilakukan oleh produk pond's ini dapat menarik perhatian calon konsumen untuk membeli dan mencoba produk kencantikan ini. Pond's dibuat oleh para ahli di The Pond's Institute yang diformulakan secara khusus untuk kebutuhan dan perawatan kulit. Produk kecantikan pond's saat ini sudah mengeluarkan berbagai macam produk sesuai dengan masalah yang dibutuhkan oleh wajah. Dan Pond's saat ini dapat di beli di supermarket maupun minimarket terdekat.

Dalam penulisan analisis ini menggunakan teori semiotika dari Roland Barthes. Semiotika merupakan ilmu atau metode analisis untuk mengkaji suatu tanda. Semiotika, atau dalam istilah Barthes yaitu semiology yang pada dasarnya memperlajari bagaimana kemanusian dalam memaknai hal-hal yang tidak dapat dicampur dengan mengkomunikasikan. Menurut Roland Barthes, semiotika merupakan pembacaan tanda yang menunjukan gagasan tentang dua tatanan pertandaan atau (order of signification) yaitu denotasi dan konotasi. Denotasi menunjukan pada data atau informasi yang tersurat pada gambar tersebut, sedangkan konotasi menunjukan hal-hal yang tersirat atau muncul pada pemikiran pengamat sesaat melihat sebuah gambar. Adapun konsep dasar mitos yang di kemukakan oleh Roland Barthes. Mitos adalah metode untuk membongkar kebudayaan manusia yang negatif. Analisis Roland Barthes memiliki tiga makna yaitu denotasi,konotasi dan mitos, yang akan digunakan untuk mengkaji iklan Pond's pada billboard.

Kajian Analisis


    • Denotasi
    • Konotasi
    • Mitos
    • 1.
    • Wajah perempuan
    • Wajah perempuan dengan look yang berbeda sisi kanan dan kirinya
    • Perubahan wajah perempuan menjadi lebih cerah
    • 2.
    • Tempat atau packaging
    • Menampikan packaging dari produk untuk mudah dikenali konsumen dengan bentuk yang bundar oval dan terdapat merk pond's pada tutupnya.
    • Packaging yang mudah di kenali konsumen
    • 3.
    • Merk produk
    • Melambangkan sebuah nama produk dengan merk POND'S
    • Nama dari merk atau brand produk
    • 4.
    • Mutiara
    • Melambangkan feminim atau kecantikan serta kesempurnaan yang abadi
    • Kecantikan dan kesempuraan yang abadi
    • 5.
    • Font teks
    • Font pada tulisan "Hanya 7 hari kulit tampak lebih putih, noda hitam dan jerawah pun berkurang secara nyata". Pada angka 7 mengunakan ukuran yang besar untuk menekankan waktu kerja produk setelah pemakain.
    • Tulisan "Hanya 7 hari kulit tampak lebih putih, noda hitam dan jerawah pun berkurang secara nyata"
    •  atau penjelasan dari produk merupakan kalimat promosi untuk menarik minat konsumen khususnya wanita.
    • 6.
    • Warna Pink
    • Warna pink merupakan ciri khas dari pond's dari tahun ke tahun. Warna pink melambangkan sesuatu yang feminim
    • Warna ciri khas dari produk pond's

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun