Mohon tunggu...
Windi
Windi Mohon Tunggu... Wdyst

Story

Selanjutnya

Tutup

Travel

Selamat Pagi, Bromo!

18 Februari 2020   21:07 Diperbarui: 18 Februari 2020   21:16 30 1 0 Mohon Tunggu...

Siapa sih yang nggak tahu gunung ter-hits dengan pemandangan sunrise begitu indah yang berada di daerah Jawa Timur? Yuppss, Gunung Bromo. 

Nah, Bromo ini lokasinya di mana sih? Banyak orang bilang Bromo ini ada di Malang, di Lumajang, daerah tadi itu nggak salah kok, memang Gunung Bromo ini lokasinya berada dalam empat wilayah kabupaten yaitu Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang, jadi sebenarnya kalian bisa masuk mana aja.

Akses ke Gunung Bromonya gimana nih??? Nah, aku nggak tau persis sih akses kendaraan dari daerah kalian, jadi aku mau ceritain akses ketika kalian udah masuk kawasan Bromo aja ya.

Kalau kalian ada rencana ke Bromo pake kendaraan pribadi aku sarankan kendaraan pribadinya cukup sampai parkiran utama aja ya, lho kenapa? Soalnya, jalan yang dilewati untuk sampai ke Gunung Bromo itu cukup curam, sempit, dan berkelok-kelok, takutnya kendaraan kalian nggak kuat sampe sana. 

Terus pake apa dong? Jangan khawatir, disana kita bisa sewa Jeep yang memang sudah disediakan pengelola untuk para pengunjung, harga sewa pas aku kesana tahun 2017 itu sekitar 600.000-700.000/mobil tapi mungkin sekarang bisa naik sih harganya. Jeepnya dijamin aman dan pengemudinya pun sudah ahli ketika melewati jalur menuju Bromo

Hmm jangan lupa estimasikan waktu perjalanan kalian kalau pengen liat sunrise. Waktu itu aku kesana berangkat dari Pare,Kediri, Jawa Timur jam 23.00 dan sampai ke parkiran kawasan Bromo itu sekitar jam 03.00, aku siap-siap sekitar 30 menit buat pake jaket yang tebel, pake sarung tangan, pokoknya pake yang bisa menghangatkan badan, percaya deh sampe sana mulut kalian udah kayak naga bisa ngeluarin asap, karena emang dingin banget. 

Kalau nggak salah, dulu itu suhunya 4, kemudian aku naik jeep dan perjalanan menuju Sunrise Point itu sekitar 30 menit dan kita sampai sekitar jam 04.00 dan orang-orang udah pada berjajar dong buat dapetin sunrise juga. Berhubung jam segitu matahari masih sembunyi, kalian cari aja posisi yang nyaman buat liat sunrise. Jangan khawatir, disana kalian bakal ketemu dengan para penjual asongan yang menawarkan minuman hangat sembari menunggu datangnya matahari.

gotravelly.com
gotravelly.com
Setelah puas dengan sunrise, kemudian kalian pulang. Tenaang, sebelum kalian pulang nanti mas-mas jeep yang sekaligus tour guide bakal ngajak kalian ke beberapa tempat, yang pertama itu Bukit Teletubies. 

Pemandangan di bukit ini bagus, yang dapat kalian liat itu hanya hamparan rumput dan bukit yang hijau, disana kita bisa menunggangi kuda yang disewakan. Di lokasi ini juga banyak penjual makanan, cocok buat kalian yang ingin bersantai sambil menikmati jajanan.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Oiya, di bukit ini juga ada semacam tugu yang isinya itu mengingatkan pengunjung agar menghormati situs budaya yang dimiliki oleh Suku Tengger yang sampai saat ini masih ada di sekitar wilayah Gunung Bromo.

dokpri
dokpri
Lanjuut, kita main di pasir berbisik. Kenapa disebut pasir berbisik? Karena menurutku bukan pasirnya yang bisa ngomong, melainkan karena di pasir berbisik ini hanya hamparan pasir dan anginnya pun besar, sehingga menimbulkan efek seperti pasir itu berbisik. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN