Mohon tunggu...
Windi Apriliani
Windi Apriliani Mohon Tunggu... Seorang pelajar yang banyak tidak tahunya

Sedang belajar menikmati proses belajar

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

UNS Tanggap Covid-19 Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

5 Agustus 2020   11:58 Diperbarui: 5 Agustus 2020   11:55 9 4 0 Mohon Tunggu...

COVID-19  masih menjadi perbincangan hangat di lingkup nasional maupun internasional. Wabah yang sudah ditetapkan sebagai pandemi ini memberikan dampak yang signifikan di berbagai sektor. Dampak COVID-19 merata di seluruh bidang kehidupan masyarakat, baik bidang kesehatan, pendidikan, integrasi sosial, maupun sektor produksi. 

Universitas Sebelas Maret (UNS) sebagai salah satu kampus yang tanggap terhadap COVID-19 ini memberikan wadah kepada mahasiswa untuk ikut andil didalamnya dengan mengadakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah masing-masing. 

Kegiatan KKN UNS Era COVID-19 salah satunya diikuti oleh Windi Apriliani, mahasiswa jurusan Pendidikan Kimia Fakultas Pendidikan dan Ilmu Keguruan (FKIP) yang berlokasi di desa Sadawangi RT 03/RW 02, Lemahsugih, Majalengka, Jawa Barat.

Dengan latar belakang pendidikan, tema besar yang diambil untuk serangkaian kegiatan KKN di desa Sadawangi RT 03/RW 02 ini juga berbau Pendidikan Masa COVID-19. Serangkaian kegiatan KKN dimulai dari bulan Juni tepatnya tanggal 3 Juni sampai dengan 21 Juli 2020. Berfokus pada pendidikan maka kegiatan yang dilaksanakan dominan kepada pembelajaran langsung dengan memperhatikan protokol kesehatan. 

Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan yaitu pembelajaran langsung yang ditujukan untuk anak-anak sekolah dasar di sekitar RT 03/RW 02 desa Sadawangi. Di mana di dalamnya terjadi proses transfer ilmu dan skill serta nilai-nilai yang tidak didapatkan dari pembelajaran daring/online. 

Pembelajaran ditekankan pada pendidikan karakter dengan materi yang disampaikan meliputi matematika, bahasa Inggris, agama serta praktik, olahraga, karya seni, pengetahuan umum, skill, dan pengetahuan mengenai COVID-19. Selain itu, dalam pembelajaran langsung ini anak-anak diberikan challenge "One Pray One Smile" di mana anak akan mendapatkan satu stiker smile untuk satu shalat wajib yang dikerjakan. 

Selain itu, ada pula program pembuatan handwash dan handsanitizer yang masuk dalam rangkaian pembelajaran langsung untuk kemudian hasilnya dibagikan kepada masyarakat sekitar RT 03/RW 02 desa Sadawangi.  

Adapula kegiatan pemenuhan alat-alat kebersihan untuk masjid sekitar yaitu masjid Jamie Al-Azhar yang terletak di sebelah barat balai desa beserta handwash dan handsanitizer sebagai upaya untuk mendukung kebersihan masjid. 

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan pembagian alat tulis untuk anak-anak dan pemberian apresiasi untuk 3 anak yang mendapat smile terbanyak. Pembagian alat tulis dan apresiasi ini bertujuan untuk memotivasi anak-anak agar selalu semangat menuntut ilmu dalan kondisi apapun.

Adanya kegiatan KKN UNS Era COVID-19 di desa Sadawangi RT 03/RW 02 menjadikan masyarakat lebih memahami tentang COVID-19 dan memberikan pemahaman kepada anak-anak bahwa belajar tidak boleh berhenti walaupun ruang geraknya sedikit terbatas. Selain itu, kegiatan KKN ini juga menumbuhkan motivasi belajar yang terlihat dari antusiasme anak-anak dalam mengikuti pembelajaran sampai akhir kegiatan. 

Semoga kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Era COVID-19 ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan dapat meningkatkan partisipasi positif masyarakat, sehingga wabah COVID-19 akan segera menemukan titik terang.

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x