Mohon tunggu...
Windia Fitri Sukma
Windia Fitri Sukma Mohon Tunggu... ūü•ÄFaqir_ilmu‚ú®

kerjakan dengan hati ikhlas dan niat karenanya. Bismillahirrahmanirrahim. . .

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Yakin Otak Kiri Lebih Dominan daripada Sebaliknya?

21 April 2021   20:15 Diperbarui: 21 April 2021   20:20 28 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Yakin Otak Kiri Lebih Dominan daripada Sebaliknya?
https://photo.kontan.co.id/photo/2021/01/01/1429690656p.jpg

Coba tebak guys , organ mana yang mempunyai suatu sistem yang dapat kerjanya sangat kompleks nih? Pasti Kamu tahu,jawab yakni   otak. Otak didalamnya terdiri dari terdapatnya tersusun dari 100 miliar lebih sel saraf yang mempunyai fungsi yakni  berkomunikasi dalam  satu sistem dengan memiliki triliunan koneksi. Maka dari itu, sudah kita dapat ketahui yakni kebayangkan betapa kompleks dan juga  rumitnya suatu  sistem kerja otak?

Berat pada suatu otak dengan berat  hanya sekitar 1,3 kilogram, tetapi kata otak ini memiliki banyak fungsinya yang  vital bagi kehidupan seseorang yakni manusia. Dalam  Organ ini dapat mengatur dan mengontrol bagi seluruh sistem didalam  tubuh manusia . Bisa sih  dibilang otak  berkerja sebagai  "pilot" di dalam hidup kita sehari hari. Berdasarkan teori yang ada ,  otak pun dibagi menjadi dua bagian, yaitu kiri dan kanan. Nah guys, di antara kedua bagian tersebut, kira-kira nih bagian mana yang paling dominan?

Otak Kiri Logika ,Otak  Kanan seni

Bagi Otak kiri mempunyai kelebihan yakni unggul dalam sebuah  Logika, sedangkan Otak Kanan lebih unggul dengan sebuah  Seni.
 Masyarakat mengetahui yang sudah populer dalam prinsip pemikiran  yakni Anak yang pintar berhitung katanya otak kirinya lebih dominan. Sedangkan  Sementara itu, anak yang memiliki kemampuan dalam  lihai  kesenian punya otak kanan yang lebih aktif daripada otak kiri. Hal ini patut dipertanyakan, benarkah semudah itu dengan  menentukan dominasi otak kiri dan kanan? Nih guys yuuk kita paparkan . . .

Guys kita Jangan buru-buru  dalam menentukan bagian mana yang paling dominan loh hal ini agar kita tidak salah faham. Tak ada salahnya kita melihat kembali kilas balik ke tahun 1960-an, dengan  melihat riset neuropsikolog yang berasal dari Amerika Serikat, yakni ilmuan yang bernama Roger Sperry ahli dalam bidang tentang otak manusia. Lewat sebuah penelitian yang memakan dengan waktu 10 tahun Roger dapat menemukan otak manusia itu terdiri dari dua bagian.

Yang beliau jabarkan yakni Kedua belahan ini mempunyai makna atau kepentingan saling memberikan informasi. Dengan adanya  Otak kanan misalnya, mempunyai kewajiban melaksanakan tugasnya dengan mengendalikan otot di bagian kiri tubuh manusia. Sedangkan dalam bagian otak kiri dapat secara langsung mengontrol di bagian sebaliknya. Dengan Lewat penelitian ini, kita dapatkan kesimpulan bahwa umumnya otak kiri amat dominan dalam fungsi bahasa verbal dan serta juga  fungsi logika serta matematika. Dengan ini sih Boleh dibilang, otak kiri pengendali intelligent quotient (IQ). Lalu apa kabar dengan  otak kanan? Tenaangg yuuk kita lanjutkan.

Faktanya nih guys, yang fungsi sebagai otak kiri tidak ditemukan pada otak bagian kanan loo. Kenapa hayoo?? Hal ini  Otak kanan lebih berperan dalam pengembangan sebuah  emotional quotient ( EQ). Dengan bilang sih kata lain, otak kanan mempunyai hal yang berkaitan dengan  berurusan unggul dalam kemampuan merasakan, intuitif seni, pusat kreativitas, dan juga dapat pengendalian ekspresi pada diri manusia.

Terus intinya kira-kira bagian mana yang kita tahu  harusnya diunggulkan bila memang mendominasi???

ok guys gini otak kanan dapat berfungsi mengikuti arahan, dan  sedangkan bagian  otak kiri berfungsi  berperan sebagai  unggulan dalam  bahasa. Namun ya, bukan berarti salah satu sisi otak manusia menjadi  lebih dominan.Oleh sebab itu, jangan pusing-pusing mencari mana yang lebih dominan atau memilah fungsinya secara terpisah.Yang dapat di disimpulkan yaitu otak kiri dan kanan sangatlah berperan aktif bagi kehidupan manusia di dalam sehari hari tanpa membedakan satu saama lain. . .

Thanks yang sudah membaca semoga bermanfaat yaa love Windia .

VIDEO PILIHAN