Mohon tunggu...
Winda yurdani
Winda yurdani Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Koperasi Simpan Pinjam dari Maluku Dapat Penghargaan di KSP Award

27 Oktober 2015   15:25 Diperbarui: 27 Oktober 2015   15:44 380 0 1 Mohon Tunggu...

[caption caption="sumber: mediaindonesia"][/caption]Maraknya pertumbuhan Koperasi Simpan Pinjam (KSP) di Indonesia membuat Kementerian Koperasi dan UKM ingin memberikan penghargaan bagi koperasi terbaik di negeri ini dalam acara KSP award 2014 di Kota Medan. Deputi Bidang Pembiayaan Kemenkop dan UKM, Chairul Djamhari penganugerahan KSP Award dimaksudkan untuk meningkatkan motivasi bagi jajaran gerakan koperasi agar semakin meningkatkan kinerjanya sehingga menjadi koperasi yang kuat, sehat, mandiri dan tangguh menghadapi perkembangan ekonomi nasional dan internasional.

Penerima KSP Award ini diikuti oleh 170 koperasi yang berasal dari 21 provinsi  yaitu Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah. D.I. Yogyakarta, Jawa Timur, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, NTB, NTT dan Maluku.

Ada pun 10 kategori award yang dilombakan dalam acara ini yaitu Penumbuhan keanggotaan paling cepat, pelayanan pinjamannya ke sektor produktif terbaik, paling cepat pertumbuhan asetnya, paling besar pemupukan modal sendirinya, paling responsif terhadap perubahan lingkungan strategis, paling baik dalam sistem informasi dalam laporan keuangan, paling tertib dalam pencatatan keanggotaan, memiliki struktur organisasi usaha paling dinamis sesuai lembaga intermediasi, memiliki rasio keuangan terbaik dan terakhir  memiliki koperasi sebagai mitra binaan.

Salah satu pemenang KSP award yaitu Koperasi Simpan Pinjam Moluccas Credit Union (MCU) yang berasal dari Maluku. Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Ambon R.E Purmiasa me­ngatakan, penetapan keputusan pemenang Award tahun 2014 ini sesuai keputusan Kementerian Koperasi dan UKM RI, Nomor 21/Kep/M.KUKM/VII/2014 tertanggal 3 Juli 2014, tentang penetapan koperasi berprestasi dan Ko­perasi Penerima Award Tahun 2014.

Dia pun mengaku merasa bangga bahwa ada koperasi di Indonesia bagian timur bisa memenangkan penghargaan bergengsi seperti ini. Dia pun berharap pada tahun-tahun berikutnya KSP MCU bisa memenangi lebih banyak award.

Dia juga menjelaskan penetapan sebagai salah satu ko­perasi berprestasi tingkat nasional telah melalui serangkaian seleksi, mulai dari tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi, hingga tingkat nasional. “Pemenang Award Tahun 2014 ini telah melewati tiga tahap selek­si, da­ri Kabupaten/Kota, Pro­vin­si hingga nasio­nal, dan KSP Muluc­cas Kredit Union sebagai jua­ra mewakili Provinsi Maluku,” katanya. 

Dia juga menjelaskan tim pe­nilai dari Kemenkop dan UKM melakukan kunjungan langsung ke koperasi dan melakukan verifikasi terhadap seluruh dokumen pengusulan.

Dengan adanya ajang penghargaan ini, diharapkan akan memicu semangat dari KSP lain yang ada di seluruh Indonesia untuk memajukan KSP nya di daerah masing-masing.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x