Mohon tunggu...
Winda Yuliana
Winda Yuliana Mohon Tunggu... Lainnya - 20 tahun

Mahasiswa Ilmu Komunikasi 2019 Universitas Ahmad Dahlan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Begini Supaya Konten YouTubemu Menarik

23 Juni 2021   19:34 Diperbarui: 23 Juni 2021   19:37 348
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Alam dan Teknologi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Anthony

Hai namaku Winda Yuliana kali ini aku akan membahas mengenai pengalamanku membuat konten di YouTube. 

Konten atau isi merupakan sekumpulan ide yang bertujuan untuk disajikan pada khalayak. Istilah konten merujuk pada media online atau media internet. Menurut KBBI konten adalah informasi yang tersedia melalui media atau produk elektronik. Penyampaian konten dapat dilakukan melalui berbagai medium, seperti internet, televisi, CD audio, bahkan acara langsung seperti konferensi dan pertunjukan panggung. Istilah konten digunakan untuk mengidentifikasi dan menguantifikasi beragam format dan genre informasi sebagai komponen nilai tambah media. (Wikipedia). Jenis-jenis konten :

  • Teks
  • Gambar
  • Infografis
  • Meme
  • Video
  • Podcast
  • Tautan
  • Game
  • QR kode

Saat saya mengelola konten yang saya buat, saya menyipkan konten yang akan saya tayangkan. Kebetulan pada saat itu saya sedang diberi tugas untuk meriview sebuah produk akhirnya saya menyiapkan sebuah ide untuk membuat konten meriview produk kecantikan dari brand yang cukup terkenal di Indonesia. 

Saya menyiapkan mulai dari naskah, kamera, lighting, dan produk yang akan saya riview. Saya dibantu sepupu perempuan saya untuk merekam saya saat saya melakukan riview produk tersebut.  

Dalam mengelola konten tentu saja kita harus konsisten dalam hal ini misalnya kita menayangkan video seminggu sekali pada hari selasa pukul 10.10 WIB maka hendaknya pada minggu berikutnya di jam dan hari yang sama juga harus mengupload video baru supaya penonton bisa sealu menontonnya. Kemudian kita juga harus mempunyai kepribadian yang baik pada saat menjadi konten creator kesan pertama yang dapat di  berikan dari konten video juga amatlah penting. Dalam setidaknya 15 detik awal, sudah harus bisa menjerat hati pemirsa agar tak pindah ke lain channel. 

Dalam membuat content  yang harus dipersiapkan adalah konten apa yang ingin diberikan. Misalnya, konten beauty, gaming, lifestyle, entertainment, sport atau bahkan traveling. Pasalnya, apapun yang dilakukan dengan passion akan menghasilkan sebuah karya yang bisa menginspirasi banyak orang. memiliki karya yang original. Intinya jadilah diri sendiri saat berkarya, karena hal tersebut unik dan menarik. 

Carilah hal-hal unik yang tidak dimiliki oleh YouTuber lainnya jika memiliki hal yang unik maka akan sangat diingat oleh para penonton. Setelah saya selesai dan mengupload video saya pada YouTube saya memeriksa apakah ada kekurangan ataupun kelebihan pada video yang saya buat, ternyata video yang saya buat cukup menarik, pasalnya saya meriview produk yang cukup bagus dan bisa menarik orang-orang yang menontonnya. 

Memantau viewers mulai dari jumlah like dan komen dengan melihat konten yang disajikan menarik atau tidak faktor keterikatan sangat berpengaruh terhadap algoritma karena YouTube ingin mengutamakan konten yang menarik. Jika semakin banyak komentar pada sebuah konten, kemungkinan disebabkan karena konten ini memang menarik untuk dibahas. Konten yang banyak di share menunjukkan bahwa orang menikmati video ini dan ingin menyebarkannya ke kolega mereka. 

Sedangkan Likes dan Dislikes menunjukkan keterikatan secara emosional sebab bila tidak ada orang yang peduli dengan konten , maka tidak ada pula yang mengklik dua tombol tersebut. Durasi menonton atau Watch Time merupakan salah satu di antara metrik penting untuk menentukan kesuksesan sebuah channel YouTube. Algoritma akan mengukur Watch Time untuk menilai seberapa bagus video mencuri perhatian viewers.

Youtube menjadi salah satu situs pemutar video yang paling populer di dunia, jadi tidak mengherankan jika pengguna layanan yang satu ini jumlahnya luar biasa besar. Tidak hanya menonton berbagai macam video saja, Youtube juga memungkinkan untuk mengunggah dan berbagi video kamu dengan yang lainnya. bisa menyalurkan berbagai macam hobi dan juga minat melalui video unik yang kita buat sendiri, barangkali video ini juga akan menjadi viral dan ditonton oleh banyak orang. 

Populer dan sekaligus memiliki pendapatan.banyak orang menjadikan Youtube sebagai sumber pendapatan mereka, tentu dengan jumlah yang tidak sedikit. Lumayan besar, tergantung pada jumlah pengunjung dan juga jumlah klik pada iklan yang terdapat di dalam video tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun