Mohon tunggu...
Winda RahmahWulandari
Winda RahmahWulandari Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa UPI Angkatan 2018

KKN UPI 2021

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN Tematik UPI 2021: Video Edukasi Cara Pengoperasian Media Pembelajaran untuk Atasi Tantangan Guru

26 Juli 2021   23:07 Diperbarui: 26 Juli 2021   23:46 71 1 0 Mohon Tunggu...

Saat ini negara Indonesia tengah dihadapkan dengan pandemi Covid-19 yang sudah lebih dari satu tahun sejak diumumkan pemerintah terkait kasus pertama pada 2 Maret 2020, yang berhasil merenggut banyak korban jiwa. Pemerintah dengan cepat memberlakukan kebijakan baik dalam upaya pencegahan maupun dalam penanganan kasus Covid-19. Guna mencegah dan memutus rantai penularan Covid-19, maka pemerintah menerapkan kebijakan physical distancing dimana kebijakan tersebut dimaksudkan agar seluruh aktivitas dilakukan di rumah, seperti bekerja, beribadah, dan sebagainya. Meskipun dilakukan di rumah masyarakat tetap dapat berinteraksi dengan memanfaatkan teknologi yang semakin canggih.

Demikian juga untuk dunia pendidikan agar tetap dapat dilaksanakan meskipun berada dalam kondisi keterbatasan interaksi secara langsung guna mencapai tujuan pendidikan nasional, maka Kemendikbud mengeluarkan surat edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Deseases-19 yang menganjurkan untuk menutup kegiatan pembelajaran di sekolah dan menerapkan pembelajaran daring (online). Oleh karena itu kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka di dalam kelas kini beralih menjadi pembelajaran non tatap muka atau pembelajaran daring. 

Pembelajaran daring menggunakan jaringan internet dengan aksesbilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran (Sadikin dan Hamidah, 2020:2016). Melalui pembelajaran daring, siswa tetap dapat berinteraksi dengan guru dan kegiatan pembelajaran dapat terlaksana baik melalui synchronous method (guru dan siswa berinteraksi dalam waktu yang sama walaupun tidak dalam satu tempat) maupun asynchronous method (guru dan siswa berinteraksi dalam waktu dan tempat yang berbeda).

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) turut berkontribusi dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Covid-19 salah satunya pada bidang pendidikan melalui kegiatan KKN Tematik. Adapun tema yang diusung untuk kegiatan KKN Tematik tahun ini adalah Kuliah Kerja Nyata Tematik Membangun Desa melalui Bidang Pendidikan dan Ekonomi dalam Implementasi MBKM pada Masa Pandemi Covid-19 (KKN Tematik MDBPE-MBKM). 

Winda Rahmah Wulandari, salah satu peserta KKN Tematik UPI yang dibimbing oleh Ibu Hernawati selaku Dosen Pembimbing Lapangan memilih sasaran program membangun desa melalui bidang pendidikan dan dilaksanakan bersama rekannya di SDN 099 Babakan Tarogong Kota Bandung. Program yang dilaksanakan adalah penguatan pembelajaran daring kepada guru, pendampingan pembelajaran daring kepada siswa dan orangtua siswa, mendesain dan membuat media pembelajaran, serta membantu administrasi sekolah secara daring. Namun terdapat satu program yang menjadi fokus perhatian kami dan menjadi program unggulan dalam pelaksanaan KKN Tematik ini yaitu program penguatan pembelajaran daring kepada guru.

Proses pembelajaran daring ternyata memberikan tantangan kepada guru dalam pelaksanaannya. Ibu Esih, selaku Wakasek bidang kurikulum SDN 099 Babakan Tarogong mengatakan bahwa salah satu hal yang menjadi tantangan dalam pelaksanaan pembelajaran daring adalah masih banyak guru yang belum memahami dan menguasai penggunaan media pembelajaran berbasis platform digital. 

Dalam pelaksanaan pembelajaran daring, sebagian guru hanya memanfaatkan platform whatsapp dengan mengirimkan materi berupa foto buku cetak atau video youtube dan tugas melalui whatsapp group. Warwey (n.d) mengatakan bahwa kurangnya kreativitas guru dalam memanfaatkan atau menggunakan media pembelajaran menyebabkan pembelajaran menjadi monoton, sehingga dapat menurunkan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan timbulnya rasa jenuh dan bosan.

 Kemudian hal tersebut diperkuat oleh hasil survey kepada 10 siswa kelas 5F, beberapa dari mereka mengatakan bahwa pembelajaran daring dirasa cukup membosankan. Dengan demikian perlu adanya penguatan terhadap pemahaman guru dalam memanfaatkan media pembelajaran lain berbasis platform digital agar pembelajaran daring lebih bervariatif sehingga dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

Oleh karena itu, kegiatan KKN Tematik UPI 2021 ini menjadi sebuah kesempatan kepada mahasiswanya agar terjun secara langsung untuk membantu memecahkan permasalahan tersebut. Winda bersama rekannya membuat program unggulan yaitu mengadakan edukasi kepada guru dengan membuat video tutorial mengenai tata cara pengoperasian beberapa media pembelajaran berbasis platform digital sebagai bentuk penguatan pembelajaran daring di SDN 099 Babakan Tarogong. Tujuan kami memilih melakukan edukasi berupa video tutorial agar guru dapat kembali mempelajari dengan memutar ulang video tersebut apabila lupa dalam pengoperasiannya.

 Langkah awal yang dilakukan untuk melaksanakan program unggulan ini adalah membagikan kuisioner kepada seluruh guru SDN 099 Babakan Tarogong untuk mengetahui tingkat pemahaman guru terhadap media pembelajaran berbasis platform digital dan media pembelajaran apa yang ingin dipelajari lebih dalam oleh guru. Lalu hasil yang diperoleh dianalisis untuk menentukan media pembelajaran apa yang akan dibuatkan video tutorialnya dengan memilih vote 6 teratas. Langkah selanjutnya kami membuat video tutorial dengan lengkap kemudian dibagikan kepada seluruh guru. Selain dengan memanfaatkan video tutorial, beberapa guru juga mempelajari media pembelajaran berbasis platform digital secara langsung di sekolah bersama kami dengan tetap menaati protokol kesehatan.

dokpri
dokpri
Kami berharap semoga dengan dilaksanakannya program unggulan ini dapat menambah wawasan guru dan membantu memahami media pembelajaran yang lebih bervariatif sehingga dapat mendukung pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi ini.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN