Mohon tunggu...
Winda Lia Suryani
Winda Lia Suryani Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa S1 Prodi Pendidikan Tata Kecantikan

Universitas Negeri Semarang

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan Paragraf pada Karya Ilmiah Mahasiswa

26 November 2020   13:00 Diperbarui: 26 November 2020   13:06 10867
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

PENGGUNAAN PARAGRAF PADA KARYA ILMIAH MAHASISWA

Winda Lia Suryani
Mahasiswa S1/Rombel 2/Sarjana
windaliawls@students.unnes.ac.id

Abstrak : Membuat sebuah karya dalam bentuk tulisan (tertulis) merupakan pekerjaan yang tidak mudah bagi mahasiswa. Adapun menuangkan suatu ide, gagasan, isi pikiran melalui bahasa tulis tidak semudah melalui bahasa lisan. Karya tulis adalah sesuatu yang dihasilkan oleh aktivitas menulis. Karya tulis sering dikatakan karangan. Untuk memenuhi penulisan paragraf dalam karya ilmiah yang baik maka perlu memperhatikan syarat-syarat paragraf seperti kesatuan, pengembangan, kepaduan, kekompakan, dan pengembangan paragraf serta memahami penggunaan jenis-jenis paragraf.

Paragraf mengandung aspek kesatuan, gagasan dasar itu dikemukakan ke dalam kalimat topik dan gagasan pengembang dikemukakan ke dalam kalimat-kalimat pengembang serta kalimat-kalimat tersebut saling berhubungan, selanjutnya aspek pengembangan gagasan dasar dinyatakan ke dalam kalimat topik dan gagasan pengembang dinyatakan ke dalam kalimat-kalimat penjelas/lanjutan, aspek kepaduan, yakni keserasian hubungan antar gagasan dalam paragraf yang berarti pula keserasian hubungan antarkalimat dalam paragraf, aspek kekompakan, yakni kekompakan struktural dan leksikal.

Dalam pengungkapan gagasan/ide ke dalam paragraf bisa melalui paragraf deduktif, yakni kalimat topik diletakkan pada awal paragraf dan diikuti kalimat-kalimat pengembang, bila kalimat topiknya diletakkan akhir paragraf dan sebelumnya diawali gagasan-gagasan pengembang disebut paragraf induktif, bila kalimat topik terletak di awal dan akhir paragraf, gagasan pengembangnya diletakkan di antara keduanya disebut paragraf kombinasi, serta kalimat topik terletak pada setiap kalimat disebut paragraf deskriptif.
Kata Kunci : Paragraf, Karya Ilmiah, Mahasiswa

I. Pendahuluan

1.1 Latar Belakang
Dalam Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan nasional ditegaskan bahwa mata kuliah bahasa Indonesia adalah mata kuliah wajib dan diberikan di semua jalur pendidikan. Bahasa Indonesia di perguruan tinggi termasuk mata kuliah pengembangan kepribadian (MPK). Salah satu standar kompetensi dalam mata kuliah bahasa Indonesia adalah mahasiswa mampu menggunakan bahasa Indonesia untuk mengungkapkan pikiran, gagasan, dan sikap ilmiah ke dalam bentuk karya ilmiah baik tulis maupun lisan.

Karya tulis adalah sesuatu yang dihasilkan oleh aktivitas menulis. Karya tulis sering dikatakan karangan. Karangan adalah hasil mengarang. Mengarang sepadan dengan menulis atau menyusun. Oleh karena itu, karangan sering disebut pula tulisan, kedua-duanya mengandung arti hasil.

Karya tulis ilmiah (sering disingkat dengan karya ilmiah) atau karangan ilmiah adalah karangan yang bersifat keilmuan, yakni menyajikan fakta keilmuan, ditulis dengan cara dan aturan tertentu, baik dari segi karangan maupun bahasa. Ini menunjukkan bahwa karangan ilmiah berbeda dengan karangan bukan ilmiah atau karangan bebas.

Karangan atau teknik mengarang dikenal pula dengan istilah komposisi. Tulisan di perguruan tinggi memerlukan syarat yang kompleks, antara lain pengetahuan yang berkaitan dengan isi tulisan, aspek-aspek kebahasaan seperti memilih topik, mengembangkan pikiran yang disajikan dalam paragraf. Keterampilan menulis paragraf secara efektif akan menghasilkan tulisan yang efektif pula.

Bentuk penulisan yang dimaksud itu adalah penulisan karya ilmiah. Menurut Arifin  karya ilmiah adalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta dan ditulis menurut metodologi penulisan yang baik dan benar. Penulisan paragraf dalam karya ilmiah ini perlu dikuasai mahasiswa agar ia dapat menyampaikan gagasan/ide untuk memenuhi tugas yang diberikan sebagai persyaratan dalam studi dalam penulisan skripsi, tesis, atau disertasi kepada masyarakat luas .

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun