Mohon tunggu...
Winda Amilia
Winda Amilia Mohon Tunggu... Dosen - Pengajar

Pengajar yang hobi melakukan pemberdayaan

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Menggali Potensi Pengembangan Tahu Pong Arjasa

4 Oktober 2022   13:39 Diperbarui: 4 Oktober 2022   14:23 73 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Tahu Pong adalah jenis olahan tahu yang digoreng hingga kering dan mengembang, serta bagian tengahnya seperti kosong. Jenis tahu pong yang telah dikenal adalah tahu Sumedang dan tahu pong Kediri. UMKM di Desa Arjasa, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember memiliki tahu pong yang memiliki karakteristik berbeda dengan tahu Sumedang maupun tahu pong Kediri. Tahu pong Arjasa dikenal empuk dan kulitnya tidak keras meskipun tidak dikonsumsi dalam kondisi hangat.

Tahu pong Arjasa sudah dikenal sebagai salah satu jenis tahu pong yang enak di sekitar Kabupaten Jember dan Kabupaten Bondowoso. Tahu pong ini dapat ditemui di pasar Arjasa maupun di pom bensin desa Arjasa. Pengemasan tahu pong Arjasa masih sangat sederhana yaitu menggunakan plastik bening (pp) yang tipis. Pengemasan yang sederhana ini menyesuaikan dengan target pasar tahu pong Arjasa selama ini, yaitu masyarakat kelompok menengah ke bawah.

Jika dibandingkan dengan tahu pong Banyuwangi, tentu tahu pong Arjasa sangat berpotensi untuk bersaing. Harga tahu pong Banyuwangi lebih dari dua kali lipat harga tahu pong Arjasa. Jika dibandingkan dengan tekstur tahu pong Banyuwangi, tahu pong Arjasa lebih empuk dan gurih, sehingga lebih disukai oleh konsumen. Namun, penyajian atau pengemasan tahu pong Banyuwangi lebih baik, yaitu dengan menggunakan kantung kertas coklat, dan melengkapi sajiannya dengan saus petis serta cabe rawit hijau yang menambah kenikmatan saat mengkonsumsi tahu pong.

Oleh karena itu, jelas tahu pong Arjasa berpotensi untuk menjadi pesaing pasar tahu pong Banyuwangi. Hanya saja, perlu pengemasan dan branding yang lebih kuat untuk meningkatkan daya saing tahu pong Arjasa. 

Penasaran seperti apa rasa tahu pong Arjasa?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan