Prof. Dr.phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si.
Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Masyarakat mengadaptasi situasi baru
- Masyarakat menghadapi masa depan yang tidak pasti
- Tidak ada "jalan kembali"
- Pastikan semuanya berjalan dengan baik bahkan dalam kondisi pandemic
- Menghilangkan sistem sosial yang berinteraksi secara adaptif dengan tuntutan perubahan selama pandemi berkepanjangan.
Komunikasi sebagai dasar sistem sosial
Pemikir terbuka dalam teori sistem Niklas Luhmann (1927-1998)
- Komunikasi adalah unit terkecil dalam sistem sosial yang ada dan menghubungkan antar manusia
- Komunikasi adalah "sistem operasi" di mana masyarakat "secara otomatis" memproduksi dan memproduksi dirinya sebagai sistem sosial
- Komunikasi membentuk ingatan komunikasi
- Hanya komunikasi dapat mengimunisasi : hanya komunikasi yang dapat mempegaruhi, merusak, mengontrol, dan memperbaiki komunikasi.
Peran ideal media
- Sebagai pemerhati masyarakat, media harus menjaga logikanya dalam menghadapi masa-masa krisis dan mendampingi masyarakat untuk keluar dari masa-masa sulit.
- Tantangan bagi Indonesia tidaklah mudah karena sistem komunikasi publik, dominasi media baru khususnya media sosial yang cenderung sangat terbuka dengan ragam informasi yang tidak akurat (berbagai perspektif analitik sangat "terbuka")
- Bagaimana bingkai media melakukan tanggapan yang sangat menyimpang di masyarakat perlu dikaitkan dengan integrasi antara krisis antara komunikasi dan komunikasi risiko di tingkat darurat
Melawan infodemik
- Infodemik sejumlah informasi yang luar biasa membombardir masyarakat sehingga sulit untuk mengidentifikasi apakah kebenaran atau potensi solusi yang ditawarkan itu berkembang
- Perlu komunikasi yang meminimakan rumor dan kesalahpahaman yang berpotensi menjauhkan respon terbaik, jika tidak mendorong penyebaran penyakit
Masalah lain yang perlu ditangani refleksi bagi ahli komunikasi
Kualitas komunikasi interpersonal dan hubungan sosial
- Menggunakan masker
- Komunikasi antarpribadi dipengaruhi oleh penggunaan masker karena membungkam suara dan menutupi ekspresi wajah, atau sebaliknya mempengaruhi komunikasi non verbal (Mheidly, et al,2020)
- Elemen-elemen dalam komunikasi interpersonal, mulai dari sumber penerima, pesan, gangguan, hingga etika (De Vito, 2016), bisa terpengaruh
Kecurigaan
- Masalah lain dalam konteks komunikasi interpersonal adalah kecurigaan
- Kecurigaan karena setiap orang takut tertular atau menularkan virus ketika berinteraksi secara langsung
Teknologi dan komunikasi antarpribadi
- Penggunaan teknologi yang lebih luas untuk tujuan komunikasi pada saat terjadi pendemi juga berdampak pada hubungan atau komunikasi interpersonal
- Sebelumnya berbagai teknologi untuk komunikasi interpersonal telah tersedia, namun pandemi ini telah menjadikan penggunaan teknologi tersebut dalam skala yang sangat luas.
Beri Komentar
Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!