Mohon tunggu...
Winda Hendrianingsih
Winda Hendrianingsih Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswi

bermain tertawa tumbuh

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

3rd JCC Communication Challenges in Post Pandemic

23 Maret 2021   20:29 Diperbarui: 23 Maret 2021   20:52 150
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Media. Sumber ilustrasi: PIXABAY/Free-photos

Prof. Dr.phil. Hermin Indah Wahyuni, M.Si.

Universitas Gadjah Mada, Indonesia

Masyarakat mengadaptasi situasi baru

  • Masyarakat menghadapi masa depan yang tidak pasti
  • Tidak ada "jalan kembali"
  • Pastikan semuanya berjalan dengan baik bahkan dalam kondisi pandemic
  • Menghilangkan sistem sosial yang berinteraksi secara adaptif dengan tuntutan perubahan selama pandemi berkepanjangan.

Komunikasi sebagai dasar sistem sosial

Pemikir terbuka dalam teori sistem Niklas Luhmann (1927-1998)

  • Komunikasi adalah unit terkecil dalam sistem sosial yang ada dan menghubungkan antar manusia
  • Komunikasi adalah "sistem operasi" di mana masyarakat "secara otomatis" memproduksi dan memproduksi dirinya sebagai sistem sosial
  • Komunikasi membentuk ingatan komunikasi
  • Hanya komunikasi dapat mengimunisasi : hanya komunikasi yang dapat mempegaruhi, merusak, mengontrol, dan memperbaiki komunikasi.

Peran ideal media

  • Sebagai pemerhati masyarakat, media harus menjaga logikanya dalam menghadapi masa-masa krisis dan mendampingi masyarakat untuk keluar dari masa-masa sulit.
  • Tantangan bagi Indonesia tidaklah mudah karena sistem komunikasi publik, dominasi media baru khususnya media sosial yang cenderung sangat terbuka dengan ragam informasi yang tidak akurat (berbagai perspektif analitik sangat "terbuka")
  • Bagaimana bingkai media melakukan tanggapan yang sangat menyimpang di masyarakat perlu dikaitkan dengan integrasi antara krisis antara komunikasi dan komunikasi risiko di tingkat darurat

Melawan infodemik

  • Infodemik sejumlah informasi yang luar biasa membombardir masyarakat sehingga sulit untuk mengidentifikasi apakah kebenaran atau potensi solusi yang ditawarkan itu berkembang
  • Perlu komunikasi yang meminimakan rumor dan kesalahpahaman yang berpotensi menjauhkan respon terbaik, jika tidak mendorong penyebaran penyakit

Masalah lain yang perlu ditangani refleksi bagi ahli komunikasi

Kualitas komunikasi interpersonal dan hubungan sosial

  • Menggunakan masker
  • Komunikasi antarpribadi dipengaruhi oleh penggunaan masker karena membungkam suara dan menutupi ekspresi wajah, atau sebaliknya mempengaruhi komunikasi non verbal (Mheidly, et al,2020)
  • Elemen-elemen dalam komunikasi interpersonal, mulai dari sumber penerima, pesan, gangguan, hingga etika (De Vito, 2016), bisa terpengaruh

Kecurigaan

  • Masalah lain dalam konteks komunikasi interpersonal adalah kecurigaan
  • Kecurigaan karena setiap orang takut tertular atau menularkan virus ketika berinteraksi secara langsung

Teknologi dan komunikasi antarpribadi

  • Penggunaan teknologi yang lebih luas untuk tujuan komunikasi pada saat terjadi pendemi juga berdampak pada hubungan atau komunikasi interpersonal
  • Sebelumnya berbagai teknologi untuk komunikasi interpersonal telah tersedia, namun pandemi ini telah menjadikan penggunaan teknologi tersebut dalam skala yang sangat luas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun