Mohon tunggu...
winarjaki
winarjaki Mohon Tunggu...

Konsultan yang lagi merantau

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Menjadi Kiblat Wisata Halal Dunia, Indonesia Berpeluang Besar di Kancah Dunia

25 Desember 2017   11:21 Diperbarui: 25 Desember 2017   12:12 0 10 2 Mohon Tunggu...
Menjadi Kiblat Wisata Halal Dunia, Indonesia Berpeluang Besar di Kancah Dunia
Indahnya Tanah Air| Halal Tourism

Industri Halal mempunyai 10 sektor dengan kontribusi yang paling besar yaitu financial, food, wisata dan perjalanan, fashion, kosmetik, farmasi, media dan rekreasional, kebugaran, pendidikan dan seni budaya.

Untuk wisata budaya, Indonesia merupakan negara dengan keanekaragaman suku dan budaya, dan setiap suku pasti mempuyai kebudayaan dan kearifan lokal masing-masing. Sehingga tidak perlu diragukan lagi mengenai apa yang bisa di tawarkan Indonesia lewat budayanya.

Untuk sektor finansial sendiri beberapa tahun terakhir perkembangannya di Indonesia sudah cukup baik. Hal ini di buktikan dengan semakin banyaknya Industri Perbankan dan Keuangan Syariah yang hadir di tengah-tengah masyarakat.

Kemudian untuk wisata kuliner, Indonesia terkenal dengan kelezatan dan keberagaman makanannya. Banyaknya suku dan budaya di Indonesia menyebabkan setiap daerah mempunyai makanan khasnya masing-masing.

Khusus produk makanan, kehalalan produk harus dibuktikan dengan sertifikasi lembaga berwenang yang diakui secara nasional dan internasional. Di Indonesia, sertifikat halal Majelis Ulama Indonesia (MUI) telah diakui oleh Halal Development Corporation(HDC) di Malaysia.

Indonesia sendiri saat ini masih berada di peringkat 10 dalam Industri dan pasar halal dunia Peringkat pertama diduduki negeri jiran Malaysia. Peringkat berikutnya berurutan: Emirat Arab, Bahrain, Saudi Arabia, Pakistan, Oman, Kuwait, Qatar, Jordan, dan Indonesia.

Indonesia juga mempunyai banyak hal yang menjadi keunggulan dalam pengembangan Industri Halal lifestyle. Misalnya dari segi pariwisata atau halal tourism. Hal ini bisa menjadi potensi Indonesia sebagai Kiblat Wisata Halal Dunia.

Sembalun | NTB Times
Sembalun | NTB Times
Potensi Indonesia Sebagai Kiblat Wisata Halal Dunia

Dalam kompetisi World Halal Tourism Awards 2016 di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab, 24 Oktober - 25 November 2016, Indonesia berhasil meraih 12 penghargaan dari 16 kategori yang dilombakan. 

Pengumuman juara itu dilansir melalui website resmi http://itwabudhabi.com/halal-awards/2016-winners.html pukul 21.30 WIB, pada Rabu, 7 Desember 2016.

World Halal Tourism Awards 2016 di Abu Dhabi
World Halal Tourism Awards 2016 di Abu Dhabi
Adapun penghargaan dalam World Halal Tourism Awards 2016 dengan 12 kategori yang diraih Indonesia adalah:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5