Mohon tunggu...
Winara Isra Nofiani
Winara Isra Nofiani Mohon Tunggu... Wina

Kill them with kidness

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pengendalian Intern Bisnis Krupuk Kulit Kakap

18 April 2021   01:20 Diperbarui: 18 April 2021   01:23 54 1 0 Mohon Tunggu...

MATA KULIAH
SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
NAMA DOSEN
SRI DEWI WAHYUNDARU, SE.,M.Si.,Akt.CA.,ASEANCPA.,CRP
PENGENDALIAN INTERN BISNIS KRUPUK KULIT KAKAP
Disusun oleh :
Nama: Winara Isra Norfiani
NIM: 49402000055
 
FAKULTAS EKONOMI PRODI D3 AKUNTANSI
UNIVERSITAS SULTAN AGUNG SEMARANG
TAHUN AJARAN 2020/2021

Krupuk Kulit Ikan Kakap
1.KONSEP SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
A.LATAR BELAKANG
Bisnis cemilan sudah banyak dijalankan oleh sebagian orang. Sekarang ini sudah cemilan dengan melakukan penjualan secara online baik cemilan tradisional maupun modern. Dari sinilah muncul ide untuk mendirikan usaha cemilan yang memanfaatkan komoditas Ikan Kakap yang jarang sekali diedaran di pasaran.
Konsep yang direncanakan pun memiliki keunikan tersendiri dengan berbagai varian rasa yang terdapat pada krupuk kulit kakap ini agar memiliki cita rasa yang berbeda. Sehingga bisa memenuhi keinginan konsumen.
Kakap  merupakan ikan yang sangat digemari dari berbagai kalangan, tidak peduli usia, gender, status ekonomi, dan lain-lain. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya ikan kakap yang sudah di perjualan belikan. Baik dibuat berupa aneka masakan ikan kakap, krupuk kulit kakap, dan lain-lain. Sebab Ikan Kakap  bagian tubuhnya bisa dioleah menjadi berbagai produk. Hal ini menyebabkan banyaknya peminat Ikan Kakap dari kota ataupun daerah lain untuk membeli Ikan kakap. Oleh karena itu, tercetuslah ide untuk membuat Krupuk Kulit Kakap yang memiliki banyak varian rasa seperti original, balado, jagung manis, dan lain-lain. Yang bisa dijadikan sebagai cemilan.
B.VISI dan MISI
Visi
Menjadi suatu usaha padat karya yang sukses di bidang kuliner yang menghadirkan suatu produk kuliner yang berkualitas dan bisa memanfaatkan serta mengembangkan komuditas Ikan Kakap dengan memberikan kualitas rasa yang disukai masyarakat dan mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau.
Misi
1.Membangun dan mengembangkan komuditas Ikan Kakap pada jaman sekarang ini.
2.Memanjakan pecinta Ikan Kakap.
3.Menyenangkan masyarakat yang suka nyemil.
C.TUJUAN USAHA
*Sebagai usaha untuk mencari pendapatan
*Untuk mempopulerkan Ikan Kakap
*Untuk menyalurkan hobi
*Menambah ketrampilan

D.BAGIAN-BAGIAN YANG TERKAIT
1.Top Management (owner)
2.Manajer keuangan
3.Manajer produksi
4.Manajer pemasaran
5.Karyawan

2.MANFAAT SISTEM INFORMASI AKUNTANSI
1.Top Management (Owner)
Yang memiliki tugas sebagai berikut:
Menentukan sasaran penjualan yaitu mahasiswa dan masyarakat umum
Menentukan daerah pemasaran yaitu genuk dan sekitarnya
Metode penjualan melalui media social
Pemilihan bahan yang baik
Menentukan model kemasan yang unik dan menarik
Merencanakan laba
Menentukan harga jual produk
2.Middle Management
Manajer Keuangan
-Mengkoordinasikan perencanaan, pelaporan, serta pembayaran kewajiban usaha agar efisien, tepat waktu, dan sesuai dengan peraturan pemerintah.
-Menjalin kerja sama dengan manajer lain untuk perencanaan umum keuangan.
-Menjalankan keuangan usaha dengan efektif dan efisien
Manajer Produksi
-Melakukan perencanaan dan pengendalian bahan baku dengan memperhatikan kualitas, dan kuantitas.
-Mengawasi keberlangsungan jalanya produksi
Manajer Pemasaran
-Melakukan pengawasan pada strategi pemasaran
3.Low Management
Karyawan
Teliti dalam mengerjakan sesuatu, gesit, dapat dipercaya, semangat dalam bekerja.
4.Semakin tinggi semakin global
Global : owner
Daerah yang dekat dengan pemukiman warga/masyarakat di Semarang.
5.Semakin tinggi tingkat manajerial tugasnya bersifat perencanaan, semakin kebawah semakin bersifat pelaksanaan
Perencanaan
-Menyusun strategi pemasaran
-Menetapkan cara alternatif bila perushaan mengalami kerugian
-Menganalisis peluang usaha
-Membuat kebijakan sebagai peraturan
Pelaksanaan
-Membangun interaksi dan kerjasama dengan konsumen
-Menentukan siapa sasaran penjualan
-Menerima kritik dan saran dari konsumen
-Tegas dalam menentukan kebijakan
-Mengontrol setiap aktivitas pemasaran yang terjadi
6.Semakin tinggi ekstrnal semakin rendah internal
Eksternal
-Melakukan kerjasama dengan took-toko besar yang ada di lingkungan sekitar yang bertujuan untuk menitipakan produk
-Memberikan harga promo pada awal pembukaan
-Membuka pemesanan banyak dengan harga yang leboih murah
Internal
-Owner : Winara Isra Norfiani
-Manajer Keuangan : Maulina Mas'uda
-Manajer Produksi : Winara Isra Norfiani
-Manajer Pemasaran : Restu Novi
-Karyawan : Ratnah, dan Arsita

3.PENGENDALIAN INTERN

6UNSUR-UNSUR PENGENDALIAN INTERN

1.Pemisahan fungsi
a.Penjualan
Melakukan penjualan produk disekitar pasar/toko-toko dengan cara menitipkan produk. Serta menerima pesanan dalam jumlah banyak ddengan harga yang lebih murah
b.Pengiriman
Melakukan pengiriman barang kepada konsumen dengan menggunakan sistem COD/antar rumah dengan menggunakan tarif yang terjangkau dan tidak berlaku untuk luar semarang.
c.Penyimpanan
Untuk usaha ini tidak ada penyimpanan karena sistemnya PO, sehingga tidak ada sisa produk yang sudah jadi.
d.Akuntansi
Mencatat proses pemasukan dan pengeluaran keuangan
e.Packing
Melakukan pengemasan produk dengan semenarik mungkin agar dapat mengundang konsumen
f.Promosi
Melakukan promosi di lingkungan sekitar dengan mengadakan promo buy 3 get 1 pada awal pembukaan usaha.
2.Sumber daya manusia yang mampu dalam bidangnya
a.Penjualan
Dibutuhkan 1 orang, Yang bertanggung jawab,jujur, Pria/ wanita, usia 18-25 tahun, lulusan SMA/SMK
b.Pengiriman
Dibutuhkan 2 orang, bertanggung jawab, pria/wanita,jujur, dapat bekerja tepat waktu,usia 18-25tahun, memiliki sim c, lulusan SMA/SMK
c.Akuntansi
Dibutuhkan 1 orang, wanita, dapat mengoprasikan computer, jujur dan bertanggung jawab, usia 18-25 tahun, lulusan SMA/SMK
d.Promosi
Dibutuhkan 2 orang, Pria / wanita, Jujur dan bertanggung jawab, dapat berkomunikasi dengan baik, lulusan SMA/SMK
3.Transaksi
Untuk konsumen bisa melakukan transaksi secara kredit maupun tunai. Jika kredit bisa dengan transfer lalu mengirimkan bukti tranferan kepada owner
4.Otoritas
Pengesahan barang yang sudah disetujui oleh manager dan dibutuhkan tanda tangan untuk bukti bahwa produk sudah disahkan
5.Pencatatan
Melakukan pencatanan bukti pembayaran konsumen secara kredit maupun tunai setiap close PO
6.Pembandingan
Membandingkan antara jumlah bahan yang dibutuhkan pada bulan ini dengan bulan seterusnya. Dan membandingkan harga bahan di pasaran yang sewaktu-waktu dapat naik.

4.DOKUMEN
Isi-isi dokumen :
1.Nama perusahaan
2.Alamat perushaan
3.NPWP
4.Logo peruisahaan
5.Kode transaksi ( 015 untuk penjualan)
6.Tanggal transaksi
7.Garis petunjuk (kolom)
8.Warna khusus (anda puas kami senang)
9.Salinan dokumen
10.Tick mark pengisian
11.Yang bertanggung jawab (manajer keuangan)

Nota Penjualan
BERKAH MUARA
 
Jl. Banjardowo Rt03/04, Genuk
Kec. Genuk, Kota Semarang, Jawa Tengah 50117
NPWP : 15.010.066.1-015-0011
Kode Transaksi : 015
Tanggal : 25 Oktober 2020
KeteranganKuantitasHargaJumlah
Krupuk Kulit Kakap
-Original210.00020.000
-Balado 211.00022.000
-Pedas manis311.00033.000
-Extra pedas 111.00011.000
TotalRp 86.000
 ANDA PUAS KAMI SENANG
  Hormat Kami

 (Owner)

5.FlowChart Pembelian
A.Narasi
a.Bagian rekap mencatat  bahan apa saja yang sudah habis untuk pembuatan krupuk kulit kakap
b.Bagian pembelian menerima catatan dan  mengajukan catatan pembelian tersebut kepada owner
c.Bagian owner menerima catatan pembelian , kemudian owner memesankan barang kepada supplier secara online
d.Bagian supplier menerima pesanan lalu mempersiapkan barang-barang dan mengecek ketersediaan bahan
e.Bagian pengirim (supplier) malakukan pengirim bahan dengan sebaik mungkin, agar tidak mengecewakan pelanggan
f.Bagian akuntan melakukan pentotalan bahan dan membuat nota

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x