Finansial

Strategi Penerapan Sistem Ekonomi Islam Suatu Negara

12 Juni 2018   05:38 Diperbarui: 12 Juni 2018   07:57 697 0 0

Sistem ekonomi digunakan untuk menjawab atau menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi suatu negara dalam bidang ekonomi. 

Didunia ini, banyak sistem ekonomi yang dapat digunakan dalam suatu negara untuk menhadapi masalah ekonomi yang dihadapinya. Salah satunya sistem ekonomi islam yang merupakan sistem ekonomi yang yang digunakan untuk menyelesaikan masalah ekonomi berlandaskan syariat islam(alquran dan hadist). 

Tidak mudah dalam suatu negara untuk menerapkan sistem tersebut. Untuk itu ada beberapa langkah strategis yang dapat dilakukan oleh negara-negara Islam dalam penerapan ekonomi Islam, yaitu:

Pertama, Kemandirian Ekonomi; negara-negara Islam harus dapat melepaskan ketergantungannya dari negara-negara kapitalis dengan melunasi utang-utang luar negerinya termasuk utang kepada World Bank dan IMF.

Kedua, Institusi Ekonomi Islam Negara Islam; institusi ini berupa forum kerjasama ekonomi, perdagangan di antara sesama negara-negara Islam. Hal ini telah dimulai dengan berdirinya Islamic Development Bank (IDB), Organization of Islamic Conference (OIC), World Islamic Economic Forum (WIFE), Gulf Cooperation Council (GCC), Development Eight (D8), namun masih perlu ditingkatkan dan diperkuat visi dan misinya.

Ketiga, pengembangan ekonomi Islam secara keilmuan dan praktek. Di antara programnya adalah dengan memasukkan pendidikan ekonomi Islam dalam kurikulum sekolah dari sekolah dasar hingga tingkat perguruan tinggi, memberikan beasiswa dan pertukaran mahasiswa ekonomi Islam di antara negara-negara Islam.

Keempat, penguasaan teknologi informasi (information technology). Program ini dilakukan dengan meningkatkan sumber daya manusia dalam bidang teknologi sejak dini, dimulai dari tingkat pendidikan dasar, kemudian dengan mengirimkan SDM untuk belajar dan meniru kemajuan teknologi negara-negara maju.

Dengan 4 (empat) point yang menjadi rekomendasi dari tulisan ini diharapkan cita-cita penerapan ekonomi Islam dapat terealisasikan dengan rapi al dan dapat menjadi suatu solusi dalam menyelesaikan permasalahan ekonomi yang dihadapi. 

Semoga dapat bermanfaat!