Pada saat ini kegiatan belajar dan mengajar dilakukan secara online di rumah. Kegiatan belajar online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Pembelajaran online dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh, dimana Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka. Pembelajaran dilakukan dengan menggunakan media, baik media cetak seperti modul maupun non cetak (audio/video), komputer/internet dan handphone.
Pada pembelajaran online, pasti memiliki dampak yang positif maupun negative. Dampak positifnya kita dapat belajar dimana saja dan kapan saja begitu juga dengan cakupannya siswanya menjadi lebih luas. Dampak negatifnya yaitu peserta didik menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga kegiatan pembelajaran menjadi kurang menarik dan menjenuhkan. Lalu ketika saya bertanya pada guru disekolah pun banyak dari siswa yang kurang memiliki motivasi belajar selama masa pandemi. Hal itu bisa dilihat dari jarangnya mengerjakan tugas tepat waktu dan lain-lain. Oleh karena itu, siswa perlu diberikan motivasi yang kuat untuk belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar.
Oleh karena itu, dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara meningkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran online akibat pandemi COVID-19.
1. Meningkatkan Kualitas Guru untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran.
Dalam proses pembelajaran online, guru adalah faktor penentu keberhasilan pembelajaran online. Guru adalah faktor dominan dalam penentuan kualitas pembelajaran. Maka dari itu sebelum memulai pembelajaran biasanya guru akan bertanya terlebih dahulu kepada siswa mengenai kesan dan pesan selama belajar online dirumah. Hal tersebut dimaksudkan sebaga pendekatan terhadap siswa agar tidak merasa jenuh ketika belajar.
2. Memilih Metode Pembelajaran yang Tepat
Guru dituntut untuk dapat memilih metode belajar yang tepat untuk mengajar. Jika guru dapat memilih metode pembelajaran dengan tepat maka tujuan belajar akan tercapai dengan lebih mudah. Maka dari itu guru harus lebih kreatif dan inovatif ketika menyampaikan materi pembelajaran kepada siswa agar siswa tidak mudah bosan ketika pembelajaran berlangsung.
3. Memaksimalkan Fasilitas Pembelajaran
Dalam proses pembelajaran, pemanfaatan fasilitas belajar yang baik juga menentukan motivasi belajar dalam proses pembelajaran online. Maka dari itu pihak sekolah diharapkan memberikan upaya yang maksimal untuk mendukung pembelajaran online pada guru yang mengajar, seperti menyediakan computer, wifi/internet dan lain-lain.
4. Memanfaatkan Penggunaan Media
Motivasi belajar siswa pada pembelajaran online dapat ditingkatkan dengan memanfaatkan penggunaan media yang menarik, sehingga akan membuat siswa tertarik kepada pembelajaran. Dalam hal ini, guru bisa membuat atau menggunakan media pembelajaran berupa video pembelajaran, animasi, powerpoint, poster dan lain sebagainya untuk mendukung pembelajaran online.