Mohon tunggu...
Wimba Prastya
Wimba Prastya Mohon Tunggu... mahasiswa

menulis apa yang ingin di tulis

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Inilah Untung Ruginya jadi panitia acara kampus di Universitas Atma Jaya

24 Oktober 2018   10:43 Diperbarui: 1 November 2018   11:21 349 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Inilah Untung Ruginya jadi panitia acara kampus di Universitas Atma Jaya
By Puskom via puskom.mercusuar.ac.id

Menjadi mahasiswa merupakan tingkatan dalam Pendidikan setiap orang, tidak lepas pula seorang mahasiswa akan turut berkecimpung dalam dunia kampus. Banyak mahasiswa yang hidupnya dikorbankan untuk kampus, namun tidak sedikit pula mahasiswa yang tidak ikut bagian dalam kehidupan kampus. 

Setiap kampus atau perguruan tinggi pasti memiliki acara yang beragam, contohnya adalah acara Communication Interest Festival (Comminfest) yang merupakan kompetisi di bidang Ilmu Komunikasi yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi (HMPS Kom) Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik,Universitas Atma Jaya Yogyakarta (FISIP UAJY)

Acara tersebut merupakan acara tahunan yang di selenggarakan oleh Universitas Atmajaya Yogyakarta fakultas ilmu sosial yang membutuhkan peran mahasiswanya untuk ikut ambil bagian sebagai panitia di dalamnya. Berbicara tentang panitia acara, pasti banyak yang masih bertanya-tanya, sebenarnya apa sih untungnya ikut sebagai panitia acara ? nah berikut ini merupakan untung ruginya kita sebagai panitia acara di kampus:

Pengalaman

Menjadi seorang panitia di sebuah acara akan memberikan pengalaman yang besar bagi kita, sebab kita akan berada di posisi yang tidak kita ketahui dan kita harus di tuntut dengan cepat untuk menyelesaikan masalah yang terjadi tanpa harus menunggu bantuan dari orang lain. Seperti yang di katakana oleh Febrian Perda yang merupakan mahasiswa aktif angkatan 2016 Fisip Atmajaya Yogyakarta yang saya wawancarai, ia mengatakan bahwa menjadi seorang panitia acara akan memberikan segudang pengalaman yang sangat berguna untuk masa depan terutama di bidang pekerjaan yang akan kita tekuni nantinya.

Melatih diri

Setiap acara memiliki kelompok panitia yang banyak, lebih sering kita dalam bergabung dalam acara akan diacak untuk bisa bergabung dengan kelompok tersebut, nah disini kita bisa melatih diri kita untuk berdinamika Bersama dengan orang baru yang tidak kita kenal sebelumnya. Pastinya setiap dinamika yang terjadi akan menimbulkan banyak permasalahan, nah disinilah saatnya kita melatih diri untuk dapat menyelesaikan masalah tersebut. Brian juga mengatakan bahwa pada saat ia menjadi panitia prime, ia benar-benar dapat melatih diri terutama fisik dan mental untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi di dalam kepanitiaan.

Channel

Sebuah acara yang besar akan membutuhkan sponsor atau pihak yang akan diajak kerjasama, disinilah untungnya kita sebagai panitia terlebih bagian humas dan usaha dana, sebab pada bagian itulah yang sering berhubungan dengan orang baru. Dengan adanya orang baru tersebut kita bisa mendapatkan channel baru yang tentunya sangat berguna untuk kita kedepannya terlebih jika sewaktu-waktu kita membutuhkan sesuatu kita tidak perlu repot harus mencari kemana sebab kita sudah memiliki kenalan sehingga dapat mempermudah kita.

Poin

Nah di setiap kampus pasti akan ada yang Namanya poin kepanitiaan, di Universitas Atmajaya Yogyakarta poin ini disebut dengan spama. Dengan kita menjadi panitia atau bahkan hanya menjadi peserta dalam acara tersebut kita akan mendapatkan serifikat yang kemudian akan di input menjadi poin yang berguna bagi kita ketika ujian. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN