Mohon tunggu...
Wily Wijaya
Wily Wijaya Mohon Tunggu... Dosen - Pendidik

STIE PMCI, Medan

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Wisata Danau Toba

23 September 2021   17:22 Diperbarui: 24 September 2021   16:32 160 14 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Wisata Danau Toba
Danau Toba (Dok. Pri.)

        Danau Toba sebagai bagian dari Wonderful Indonesia. Danau yang terbesar di Indonesia dan juga merupakan danau vulkanik terbesar di dunia yang harus dijadikan tempat pariwisata yang disebut Heritage of Toba. Pengembangan dan upaya men-sejahterakan masyarakat di sekitar Danau Toba yang berkualitas, berkelanjutan dan ramah lingkungan perlu diterapkan di daerah ini. Danau Toba terletak di Sumatera bagian utara dengan panjang 100kilometer, lebar 30kilometer, dengan kedalaman 505meter dan ketinggian permukaan sekitar 900meter.

        Danau Toba dikelilingi tujuh daerah kabupaten yaitu Kabupaten Tapanuli Utara, Humbang Hasundutan, Toba, Samosir, Karo, Dairi dan Simalungun. Di daerah ini terdapat berbagai etnis dan suku. Memasuki kawasan Danau Toba melalui kota wisata Parapat bagian dari Kabupaten Simalungun. DSP Toba sebagai salah satu Destinasi Super Prioritas yaitu Danau Toba, Candi Borobudur, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Mandalika, Nusa Tenggara Barat, serta Likupang.

        Saat sekarang ini wisatawan yang berkunjung ke Danau Toba dikatakan menurun dibandingkan sebelumnya. Perlunya perbaikan jalan menuju ke daerah wisata ini sehingga tanah tidak longsor dan jalan tidak rusak parah. Perlunya rancangan keamanan kapal yang berlayar di perairan sehingga tidak terjadi korban jiwa di wilayah ini.   

        Salah satu yang menarik adalah dapat mengitari Danau Toba dengan menggunakan kapal penumpang. Para pengunjung juga dapat naik sampan dengan penjelajahan dari Tongging-Silalahi, Tongging-Samosir atau melalui Lingkaran Utara. Udara yang dingin dan sejuk dapat dilakukan melakui kegiatan kemah di Sibisa, Ajibata, Toba Samosir. Masyarakat hidup dengan budidaya perikanan dan  pengolahan ikan dari hasil tangkapan di Danau Toba. Di samping itu kita juga dapat melihat kebudayaan adat dari suku Batak.

Pemandangan Danau Toba (Dok. Pri.)
Pemandangan Danau Toba (Dok. Pri.)
        Pulau Samosir terletak di tengah Danau Toba, terdiri dari dua danau yaitu Danau Aek Natonang dan Danau Sidihoni. Pulau Samosir mempunyai dua desa yang sering dikunjungi yaitu Tomok dan Tuktuk. Tomok merupakan desa dengan objek wisata Makam Raja Sidabutar, Museum Batak dan tari boneka Sigale-gale. Sedangkan Tuktuk merupakan desa dengan banyak tempat menginap bagi wisatawan.

        Danau Toba dengan keindahan alamnya menjadi ikon pariwisata berbasis alam oleh Pemerintah melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf). Hal ini didukung pengembangan pariwisata di sekitar wilayah Danau Toba. Pengembangan fasilitas dan layanan wisata perhotelan, alam, budaya, sampai kuliner bisa menghimpun investor untuk menanamkan modalnya di kawasan Danau Toba. Tak hanya itu pengembangan daerah wisata pun harus terus dilakukan.

        Perkembangan industri MICE (Meeting, Incentive, Conference and Exhibition) dalam MICE di Indonesia Aja merupakan bagian industri yang menguntungkan banyak pihak karena memberikan pertumbuhan bagi pelaku bisnis. Hal ini dapat dilihat dari pembukaaan lapangan kerja yang melibatkan banyak pihak dan memberikan lapangan kerja baru bagi masyarakat. Di samping itu perwujudan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan daerah pariwisata sehingga pariwisata menjadi tanggung jawab pemerintah dan masyarakat di sekitar kawasan daerah wisata. Pengembangan yang didukung dengan sumber daya manusia sehingga mampu bersaing dan dapat memberikan layanan wisata yang lebih baik dengan didukung oleh investor.

        Perlunya dukungan Kementrian PUPR dalam pembangunan infrastruktur meliputi pembangunan jalan, pengolahan air, sanitasi dan penataaan kawasan Danau Toba. Promosi terus dilakukan semua pihak sehingga Danau Toba ini menjadi tujuan wisata bagi turis dalam maupun luar negri.

Mari nikmati suasana keindahan dari Danau Toba, Sumatera Utara.

Kita Dukung Danau Toba sebagai Destinasi Super Prioritas.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x
LAPORKAN KONTEN
Alasan